UNJ Berikan Penghargaan Untuk 3 Kota Mahasiswa Terbaik

UNJ Berikan Penghargaan Untuk 3 Kota Mahasiswa Terbaik
Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri memberikan penghargaan kepada tiga daerah yang dinilai sebagai Kota Mahasiswa atau City of Intellect terbaik. Screenshot.

jpnn.com, JAKARTA - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) memberikan penghargaan kepada tiga daerah yang dinilai sebagai Kota Mahasiswa atau City of Intellect terbaik.

Penghargaan itu berdasarkan hasil riset yang dilaksanakan oleh tim yang dipimpin Ketua Senat dan Guru Besar UNJ Hafid Abbas.

Pemberian penghargaan dilakukan tepat di peringatan Hari Pahlawan 10 November, Selasa (10/11).

Ketiga daerah itu ialah Kota Semarang yang dipimpin Wali Kota Hendrar Prihadi, Kota Solo yang dipimpin FX Hadi Rudyatmo, dan Kota Surabaya yang dinakhodai Tri Rismaharini.

Untuk diketahui, Proklamator RI Bung Karno pertama kali menyebutkan Kota Mahasiswa saat menandatangani prasasti gedung UNJ pada 1953.

Visi itu sempat tak dipahami hingga pada 2010, masyarakat internasional mengenalnya setelah pertama kali Quacquarelli Symonds (QS) bersama Times Higher Education (THE) mempublikasikan hasil studi pemeringkatan kota-kota mahasiswa terbaik di dunia.

QS menjelaskan bahwa satu kota patut disebut sebagai Kota Mahasiswa apabila di kota itu sudah terdapat minimal dua perguruan tinggi bereputasi yang melayani masyarakatnya yang berpenduduk lebih 250 ribu jiwa.

Selain itu, kriteria lainnya adalah kehadiran mahasiswa internasional dengan pertimbangan bahwa kota itu ramah terhadap perbedaan latar belakang budaya, gaya hidup yang toleran, dan inklusif.

Sebanyak 3 kota dinilai sebagai City of Intellectual berdasarkan hasil riset UNJ. Ketiga kota itu lalu diberikan penghargaan melalui Megawati Soekarnoputri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News