Untuk Calon Jamaah Haji, Simak Pesan Pak Ustaz

Untuk Calon Jamaah Haji, Simak Pesan Pak Ustaz
Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid, Sabtu (26/3) menyampaikan ceramah kepada calon jamaah haji di lingkungan Bank Indonesia. Pak Ustaz Hidayat memberikan ceramah kepada 30 orang calon jemaah haji di kalangan karyawan BI yang akan diberangkatkan bersama oleh KBIH Baitul Ikhsan Masjid BI.

Menurut Hidayat, ibadah Haji memberikan kenikmatan yang luar biasa bagi mereka yang mengerjakan. Berapapun banyaknya seseorang sudah melaksanakan ibadah haji, ia pasti ingin mengulang dan mengulangnya kembali. Karena itu, wajar jika jumlah calon jamaah haji terus bertambah.

Namun,  ibadah haji harus dilakukan sesuai rujukan yaitu Al Quran dan Hadis. Haji tidak boleh dilakukan semaunya sendiri, apalagi sampai tidak sesuai dengan Al Quran dan Sunah. Karena ibadah haji memang memiliki terminologi syariah yang harus dilakukan secara ikhlas. Termasuk ikhlas mengikuti ketentuan Syariah berhaji.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera ini menegaskan, tidak benar jika ada orang yang mengatakan bahwa haji bisa dilakukan cukup dengan niat. Atau haji bisa dilaksanakan di luar musim haji. Haji yang dilakukan di luar Mekah juga bukanlah haji yang benar. Karena semua itu,  tidak sesuai syariah haji.

“Tidak boleh juga mengatakan, dari pada  boros, lebih baik uangnya didepositokan, lalu hasilnya dipakai untuk membina anak yatim atau membantu masjid, itu jelas tidak sama dengan melaksanakan ibadah haji,” kata Hidayat.

Intinya, kata dia, haji harus dilakukan dengan ikhlas. Termasuk saat nanti sudah kembali dari berhaji.  Harus terus bergaul dengan masyarakat, dan makin rajin beribadah.

“Jangan lupa, saat di Mekah untuk mendoakan bangsa Indonesia. Semoga Indonesia yang menghadapi berbagai kondisi darurat, ini bisa segera keluar dari berbagai persoalan yang menghimpitnya,” kata Hidayat.(Adv/fri/jpnn)


JAKARTA – Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid, Sabtu (26/3) menyampaikan ceramah kepada calon jamaah haji di lingkungan Bank Indonesia. Pak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News