Untuk Senior, Gangguan Pendengaran Terkait Dengan Risiko Kematian

Untuk Senior, Gangguan Pendengaran Terkait Dengan Risiko Kematian
ILUSTRASI. FOTO: Fox News

jpnn.com - Orang dewasa yang lebih tua dengan gangguan pendengaran mungkin memiliki risiko lebih tinggi untuk meninggal dibandingkan orang dengan mereka yang memiliki pendengaran normal, sebuah studi terbaru menunjukkan.

Alasan untuk hal tersebut tidak jelas tetapi hasilnya menunjukkan gangguan pendengaran setidaknya sebagai tanda dan mungkin kontributor peluang kelangsungan hidup orang tua atau orang paruh baya.

“Dalam istilah sederhana, semakin buruk gangguan pendengaran pasien maka semakin besar risiko kematian,” kata penulis utama Kevin Contrera, seperti dilansir laman Fox News, Kamis (15/10).

Penelitian sebelumnya telah mengaitkan masalah pendengaran dengan berbagai efek kesehatan negatif tapi beberapa studi telah melihat langsung pada risiko kematian, Contrera dan rekan-rekannya menulis dalam JAMA Otolaryngology-Head and Neck Surgery.

Contrera dan rekan-rekannya melihat data pada 1.666 orang dewasa dari survei nasional yang representatif yang dilakukan pada tahun 2005-2006 dan 2009-2010, serta catatan kematian sampai akhir 2011.

Orang-orang yang diteliti adalah mereka yang berusia 70 tahun dan telah menjalani pengujian pendengaran. 

Menggunakan kriteria WHO dan akuntansi untuk usia individu, para peneliti menemukan bahwa orang dengan gangguan pendengaran sedang atau berat memiliki risiko 54 persen lebih besar untuk meninggal dibandingkan dengan pendengaran normal. Gangguan pendengaran ringan dikaitkan dengan 27 persen peningkatan risiko.

Para peneliti kemudian juga menyesuaikan dengan variabel lain yang bisa memengaruhi pendengaran dan risiko kematian, termasuk jenis kelamin, ras dan pendidikan serta faktor risiko jantung, seperti stroke, merokok, diabetes, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Orang dewasa yang lebih tua dengan gangguan pendengaran mungkin memiliki risiko lebih tinggi untuk meninggal dibandingkan orang dengan mereka yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News