Minggu, 21 Oktober 2018 – 08:49 WIB

Untung dan Ika Pernah Dapat Seperempat Kilo Emas dan Mobil

Kisah Pasangan yang Selalu Beruntung

Selasa, 02 Oktober 2018 – 16:58 WIB
Untung dan Ika Pernah Dapat Seperempat Kilo Emas dan Mobil - JPNN.COM

jpnn.com, SURABAYA - Meski tidak muda lagi, pasangan yang telah menikah 44 tahun lalu itu masih terlihat bersemangat. Juga mesra dan kompak. Ketika Ika mengayunkan stik golf, Untung dengan setia menemaninya. Memberi semangat. 

Meski sang suami sudah berusia 64 tahun, semangat dan gerak-geriknya masih muda. Buktinya, alih-alih bersalaman, dia malah mengajak tos. ''Masih muda kan? Pakai tos dong,'' katanya kepada Jawa Pos di Pakuwon Golf.

Pasangan itu memang penghobi golf. Keduanya bermain golf bersama sejak hari pertama menikah. ''Tepat Januari nanti adalah anniversary 44 tahun kita main golf bareng," sahut Ika sembari menghentikan aktivitas memukul bolanya.

Keduanya menikah di usia yang cukup muda. Saat itu, Ika berumur 21 tahun. Untung hanya terpaut satu tahun di atas usia istrinya. Mulai dari situlah, keduanya bersepakat untuk bersama-sama menekuni dunia golf. "Saat itu ada teman bisnis suami saya yang mengenalkan kami pada golf. Kami diajak ke Lapangan Yani Golf. Awalnya coba-coba, tapi lama-lama jatuh cinta," imbuh Ika.

Sejak saat itu, golf menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari perjalanan rumah tangga keduanya.

Bahkan hingga memiliki tiga anak perempuan dan tujuh cucu. Tapi, tidak ada keturunan mereka yang bermain golf. ''Tidak apa-apa, itu pilihan,'' katanya, lantas tertawa. 

Golf memang membetot perasaan pasangan tersebut. Ketika pensiun bekerja 14 tahun lalu, pasangan itu malah getol bermain golf bersama. "Setelah tidak kerja, saya jadi pengacara. Pengangguran banyak acara," kata Untung, lantas cekikikan.

Dari lapangan golf itulah mereka mendapatkan reputasinya. Yakni, pasangan yang selalu beruntung. Hampir di setiap event golf yang mereka ikuti, mereka mendapatkan lucky draw untuk hadiah utama. Yang terakhir, mereka mendapatkan hadiah seperempat kilogram emas. Mereka punya peruntungan seperti Untung Bebek, sepupu Donal Bebek yang selalu beruntung. 

"Saat itu, sedang diadakan pengundian hadiah utama (emas). Nah, nama pertama yang keluar bukan nama Ika. Dipanggillah pemenang itu, lantas tidak ada orangnya. Terus diambil lagi undian baru, tidak hadir juga orangnya. Diulang sampai empat kali, tetap. Akhirnya, pengundian kelima muncul nomor istri saya 127," jelas Untung.

Keduanya senang bukan main. Merinding. Terharu. Itulah yang mereka rasakan saat menerima hadiah tersebut di atas panggung. Lantas, perasaan itu berlanjut hingga mereka sampai di rumah. "Langsung meriang, kena flu. Padahal, sebelumnya sehat. Seakan tidak percaya. Sampai tidak bisa tidur juga saking kagetnya dapat rezeki nomplok," imbuh Ika.

Tidak hanya itu. Hadiah dengan nominal serupa sering diperoleh keduanya. Kalau tidak Untung, ya Ika. Selain emas, tahun lalu mereka berhasil memboyong hadiah utama lucky draw di tempat penyedia golf yang lain. Sebuah mobil berhasil mereka bawa pulang setelah nama salah satunya dipanggil.

Satu lagi, kira-kira lima tahun lalu. Mereka pernah mendapatkan hadiah utama satu buah televisi 55 inci. Saat itu, kata Untung, acara pengundian hadiah hampir selesai. Tinggal tersisa satu hadiah utama. Keduanya pun merasa pesimistis. Akhirnya, mereka memutuskan untuk meninggalkan ruangan. "Waktu mau melangkah ke pintu keluar, nomor milik saya dipanggil, 45 kalau tidak salah. Wuih, langsung balik lari saya. Ambil hadiah dan bawa pulang televisi besar," ceritanya dengan menggebu-gebu.

Selain itu, hadiah dengan nominal-nominal kecil kerap mereka bawa pulang. Bahkan, hadiah yang berusaha mereka kembalikan karena tidak sreg pun kembali ke tangan mereka. "Pernah juga dapat iPad dari Tiongkok, tidak saya pakai. Saya kembalikan ke panitia. Eh, tahun depan dapat barang itu lagi sampai dua kali," paparnya.

Menurut dia, semua itu merupakan berkah dari namanya. Sebenarnya, nama asli Untung adalah Hong Tong. Namun, karena keharusan mempunyai nama Indonesia, dia pun mengubah namanya. Tidak ingin repot-repot memikirkan nama baru, dia memilih nama Untung dengan ucapan yang hampir sama dengan nama aslinya. "Hong Tong kan bahasa Mandarin, artinya itu kebesaran. Diganti ke Untung juga punya makna yang hampir mirip biar beruntung," jelasnya.

Tapi, tentu saja keberuntungan terbesar Untung adalah mempunyai istri Ika. Yang selalu menemani dan satu hobi hingga usia tua. Apa yang lebih besar dari keberuntungan bersama dan bahagia bersama orang yang dicintai hingga tua? (didin/ano)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar