JPNN.com

Update Corona 4 Juni: Dinkes Kota Palangka Raya Gelar Rapid Test COVID-19 terhadap 128 ODP

Kamis, 04 Juni 2020 – 23:58 WIB
Update Corona 4 Juni: Dinkes Kota Palangka Raya Gelar Rapid Test COVID-19 terhadap 128 ODP - JPNN.com
Ilustrasi - Warga mengikuti tes cepat COVID-19. Foto: ANTARA/Rendhik Andika

jpnn.com, PALANGKA RAYA - Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah melakukan tes cepat COVID-19 terhadap 128 warga dan petugas kesehatan yang berstatus orang dalam pengawasan (ODP).

"Total yang dilakukan 'rapid tes' (tes cepat) hari ini 128 terdiri dari 48 petugas kesehatan dan 80 warga Sidomulyo," kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Palangka Raya Andjar Hari Purnomo di Palangka Raya, Kamis (4/6/2020).

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya itu, menerangkan hasil tes cepat itu diketahui seluruh petugas medis nonreaktif virus corona jenis baru itu, sedangkan satu warga Sidomulyo reaktif.

"Untuk itu, warga yang dinyatakan reaktif saat pelaksanaan 'rapid tes' segera dijadwalkan mengikuti pemeriksaan swab," kata dia.

Sebelumnya, dua orang dalam satu keluarga di Kelurahan Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu dipastikan positif COVID-19 setelah sebelumnya gelar griya Lebaran 2020.

Saat Hari Lebaran, 24 Mei 2020, keluarga tersebut melakukan gelar griya dan kontak langsung dengan sejumlah warga di lingkungan tempat tinggalnya.

Mereka terjangkit COVID-19 diduga dari aktivitas di Pasar Subuh, kompleks Pasar Besar Palangka Raya. Pasar Besar saat ini menjadi klaster baru COVID-19.

Wakil Wali Kota Palangka Raya Umi Mastikah mengatakan tes cepat yang dipusatkan di Puskesmas Tangkiling itu, salah satu tes cepat massal terbanyak untuk satu wilayah.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fri