UPPW Kemenkumham Kalsel Genjot Upaya Pemberantasan Pungli

UPPW Kemenkumham Kalsel Genjot Upaya Pemberantasan Pungli
Pungutan liar. Ilustrasi: Instagram/jokowi

jpnn.com, BANJARMASIN - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Selatan (Kalsel) tak mau ketinggalan dalam upaya pemberantasan pungutan liar (pungli). Kini, Kanwil Kemenkumham Kalsel juga sudah memiliki Unit Pemberantasan Pungli Wilayah (UPPW).

Untuk itu, Kanwil Kemenkumham Kalsel menggelar sosialisasi Perpres Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) di Hotel Novotel Landasan Ulin Banjarbaru, Banjarmasin, Selasa (19/9). Sekretaris UPPW Kalsel Andi Basmal mengatakan, sosialisasi itu dalam rangka penguatan pemberantasan pungli.

“UPPW Kemenkumham Kalsel telah bekerja melalui kelompok kerja pencegahan  pungli dengan melakukan sosialisasi, diseminasi, dan edukasi sebagai eksistensi UPP melakukan pemberantasan pungli. Khususnya di lingkungan Kemenkumham Kalsel,” ujar Andi yang juga kepala Badian Program dan Pelaporan Kanwil Kemenkumham Kalsel.

Andi mengatakan, kegiatan itu diikuti 76 peserta yang terdiri dari unsur Forkopinda, pimpinan UPP provinsi maupun kabupaten/kota. Menurutnya beberapa Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kanwil Kemenkumham Kalsel berencana mengadakan kegiatan sosialisasi pemberantasan pungli bersama Tim Saber Pungli provinsi dan kota. 

UPPW Kemenkumham Kalsel Genjot Upaya Pemberantasan Pungli

Sekretaris Unit Pemberantasan Pungli Wilayah (UPPW) Kemenkumham Kalimantan Selatan Andi Basmal (berdiri) menghadiri sosialisasi penguatan pemberantasan Pungli berdasar Perpres Nomor 87 Tahun 2016 di Hotel Novotel Landasan Ulin Banjarbaru, Selasa (19/9).

“Kegiatan akan dilaksanakan di dalam lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan negara termasuk di kantor imigrasi se-Kalsel,” ujarnya.

Lebih lanjut Andi mengatakan, pada Minggu lalu (17/9) Kemenkumham Kalsel juga menggelar rapat koordinasi UPP. Hadir dalam rakor itu antara lain para Kakanwil dan Kepala Divisi sebagai pelaksana UPPW.

Kanwil Kemenkumham Kalsel akan menggencarkan upaya pemberantasan pungli. Upaya itu akan menjangkau layanan imigrasi, rutan dan lapas di wilayah Kalsel.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News