Uruguay Siapkan UU Legalisasi Ganja

Uruguay Siapkan UU Legalisasi Ganja
Uruguay Siapkan UU Legalisasi Ganja
MONTEVIDEO - Pemerintah Uruguay Rabu (20/6) kemarin mengumumkan rencana melegalkan ganja. Langkah legalisasi ganja yang dilakukan melalui rancangan undang-undang itu ditempuh dalam rangka menekan angka kejahatan di salah satu negara Amerika Latin itu.

Rencananya, Uruguay dengan legalisasi ganja itu maka warga bisa langsung membeli zat prikotropika yang di sebagian besar belahan dunia lain dianggap ilegal. Dalam pelaksanaanya, pemerintah hanya akan menjual ganja kepada orang dewasa yang namanya sudah terdaftar di bank data pemerintah, sehingga pembelian yang dilakukan bisa senantiasa terlacak.

Jika rancangan undang-undang yang mengatur kebijakan ini disetujui parlemen, Uruguay akan menjadi negara pertama yang melakukan hal tersebut. Menteri Pertahanan Uruguay, Eleuterio Fernandez Huidobro mengatakan, upaya ini dilakukan untuk mencegah para gembong narkoba meraup keuntungan sekaligus menghindarkan warganya dari penggunaan obat-obatan yang lebih berbahaya.

Sebagaimana diberitakan AP Kamis (21/6), Huidobro menyebut RUU tersebut akan segera dikirimkan ke Kongres. Namun tanggal pastinya masih belum diketahui.

MONTEVIDEO - Pemerintah Uruguay Rabu (20/6) kemarin mengumumkan rencana melegalkan ganja. Langkah legalisasi ganja yang dilakukan melalui rancangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News