JPNN.com

Usai Bahas Isu Panas, Trump Umbar Pujian untuk Erdogan

Kamis, 14 November 2019 – 09:27 WIB Usai Bahas Isu Panas, Trump Umbar Pujian untuk Erdogan - JPNN.com
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Foto: AFP

jpnn.com, WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat Donald Trump menjamu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Gedung Putih, Rabu (13/11). Pertemuan ini berlangsung di tengah polemik antara kedua negara terkait isu Suriah dan pembelian senjata Rusia oleh Turki.

Meski membahas isu-isu panas, pertemuan berlangsung dalam suasana penuh keakraban. Setidaknya demikinan menurut Trump dalam konferensi pers bersama Erdogan usai pertemuan.

"Kami telah lama bersahabat, hampir sejak awal. Kami saling memahami negara satu sama lain," ujar Trump.

Trump tak henti-henti melontarkan pujian untuk Erdogan. Bahkan istri Erdogan, Emine pun disanjungnya. "Mereka (Erdogan dan istri) sangat dihormati di negara mereka dan di kawasan," ujar Trump.

Saat ditanya awak media mengenai langkah Turki membeli senjata dari Rusia, Trump malah tak memberi jawaban konkrit. Dia mengklaim bahwa isu tersebut sudah dibicarakan dengan Erdogan.

Namun, presiden dari Partai Republik itu tak menjelaskan lebih detail mengenai hasil pembicaraan atau langkah yang bakal diambil selanjutnya. Trump hanya mengatakan, pembicaraan mengenai senjata Rusia akan terus dilakukan.

"Kami telah membicarakannya hari ini, kami akan membicarakan lagi di masa mendatang, mudah-mudahan kami bisa mencapai kesepakatan," beber Trump.

Sementara itu, Erdogan mengatakan bahwa perselisihan kedua negara soal senjata Rusia hanya bisa diselesaikan dengan dialog. "Kami sepakat membuka lembaran baru dalam hubungan ini," tutur pemimpin Partai AK itu. (ant/dil/jpnn)

Sumber Reuters

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...