Usai Bertemu Billy Mambrasar, Haji Ramli MS Bicara Tegas Soal Seleksi CPNS

Usai Bertemu Billy Mambrasar, Haji Ramli MS Bicara Tegas Soal Seleksi CPNS
Bupati Aceh Barat Haji Ramli MS menyerahkan data honorer kategori satu kepada staf khusus Presiden Jokowi dari kalangan millenial, Gracia Billy Mambrassar saat melakukan kunjungan kerja ke Aceh Barat, Kamis (18/2/2021). (ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)

jpnn.com, MEULABOH - Bupati Aceh Barat Haji Ramli MS meminta pemerintah pusat memberikan prioritas kepada putra-putri daerah menjadi PNS (pegawai negeri sipil) saat seleksi CPNS (calon pegawai negeri sipil) di wilayah setempat.

Haji Ramli menegaskan bahwa hal ini penting karena salah satu tujuannya adalah mengurangi angka pengangguran di daerah.

"Sekaligus menciptakan lapangan kerja baru bagi warga lokal khususnya di Aceh,” kata Bupati Ramli MS usai menerima kunjungan Staf Khusus Presiden Jokowi, Billy Mambrassar di pendapa bupati Aceh Barat, di Meulaboh, Kamis (18/2).

Haji Ramli mengatakan prioritas pengangkatan CPNS bagi warga lokal di sebuah daerah, bukan bertujuan membatasi peserta dari luar menjadi CPNS di Aceh Barat atau di Aceh.

Namun, kata Haji Ramli, mengatakan bahwa hal ini diperlukan untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi dan keseimbangan pembangunan.

Sehingga, kata dia, warga lokal di Aceh bisa mendapatkan pekerjaan untuk mengabdi di lembaga pemerintah di daerahnya masing-masing.

“Kalau selama ini kan tidak begitu, rata-rata kalau dilihat dari hasil tes komputer yang lulus semuanya pelamar dari luar Aceh. Sementara warga lokal yang ikut tes menjadi penonton di daerah sendiri. Ini yang kami sesali,” kata Haji Ramli.

Oleh karena itu, Haji Ramli berharap pemerintah pusat membuat sebuah regulasi atau aturan hukum, agar dalam pelaksanaan tes CPNS yang diselenggarakan pada 2021 ini lebih memprioritaskan kelulusan bagi warga lokal di daerah masing-masing.

Bupati Aceh Barat Haji Ramli MS bicara soal seleksi CPNS untuk putra-putri daerah usai menerima kunjungan Stafsus Presiden Jokowi Billy Mambrasar.