Usia Capai 117 Tahun, Misao Okawa Bilang Waktu Cepat Berlalu

Usia Capai 117 Tahun, Misao Okawa Bilang Waktu Cepat Berlalu
Wanita tertua di dunia Misao Okawa makan kue ulang tahun di rumah jompo nya di Osaka, Jepang barat, Kamis (5/3). Okawa merayakan ulang tahun ke-117 nya. AFP PHOTO/Jiji Press/JPNN.com

jpnn.com - TOKYO - Misao Okawa tidak bisa menyembunyikan rasa bangga dan bahagianya. Kemarin (5/3) ibu tiga anak itu genap berusia 117 tahun. Tapi, keluarga besar dan Pemerintah Kota Osaka, Prefektur Osaka, Jepang, sengaja menggelar pesta ulang tahun sehari sebelumnya Rabu lalu (4/3). 

"Selamat ulang tahun," bisik Takehiro Ogura ke telinga Okawa yang tidak berhenti menyunggingkan senyum. Seikat bunga lantas dia letakkan ke tangan perempuan yang memiliki empat cucu dan enam buyut tersebut. Ogura adalah pejabat yang mewakili Pemerintah Kota (Pemkot) Osaka untuk menghadiri perayaan istimewa tersebut sebagai bentuk apresiasi.

Dalam kesempatan itu, Ogura sempat bertanya kepada Okawa tentang perasaannya menjadi orang tertua di dunia. "Apakah (117 tahun) itu lama?' tanyanya. Okawa pun lantas menjawab pertanyaan tersebut dengan mantap. 'Ini (terasa) sebentar,' tegas perempuan sepuh yang terlihat segar dalam balutan kimono bermotif bunga sakura itu. Jawaban tersebut langsung disambut tawa bahagia keluarga besarnya.

Di usianya yang sudah lebih dari satu abad itu, kondisi fisik Okawa masih cukup prima. 'Beliau masih cukup sehat,' kata salah seorang perawat di panti jompo yang menjadi 'rumah' janda Yukio tersebut. Hiroshi, putra sulung Okawa, mengungkapkan hal yang sama. Meski tidak bisa melakukan banyak kegiatan lagi, Okawa masih aktif bergerak. 

Pendengaran manusia tertua versi Guinness World Records pada 2013 itu memang sudah berkurang. Dia juga harus menggunakan kursi roda untuk membantu memperlancar mobilitasnya. Tapi, dia masih bisa makan dan minum secara normal, tanpa bantuan alat. Saat ditanya tentang rahasia umur panjangnya, Okawa tidak bisa menjawab. 'Saya sendiri tidak tahu,' ucapnya. 

Jepang, sejauh ini, memang menjadi negara yang memiliki penduduk lanjut usia paling banyak di dunia. Selain Okawa, Negeri Sakura itu menjadi tempat tinggal laki-laki tertua di dunia, Sakari Momoi. Saat ini, Momoi berusia 112 tahun. Dibandingkan dengan negara-negara lain, tingkat keawetan hidup penduduk Jepang memang yang paling tinggi di dunia. 

Pada 2013, Kementerian Kesehatan Jepang merilis data tentang usia harapan hidup penduduknya. Di negara yang terkenal dengan kuliner mentahnya itu, kaum hawa memiliki usia harapan hidup sampai 86,91 tahun. Itu merupakan yang paling tinggi di dunia. Sementara itu, usia harapan hidup bagi kaum adam Jepang mencapai 80,21 tahun atau tercatat sebagai yang tertinggi keempat di dunia. (jpnn)


TOKYO - Misao Okawa tidak bisa menyembunyikan rasa bangga dan bahagianya. Kemarin (5/3) ibu tiga anak itu genap berusia 117 tahun. Tapi, keluarga


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News