Utamakan Ego, Calon Golkar Kalah Beruntun di Sultra

Utamakan Ego, Calon Golkar Kalah Beruntun di Sultra
Utamakan Ego, Calon Golkar Kalah Beruntun di Sultra
JAKARTA - Ketua DPD I Partai Golkar (PG) Sulawesi Tenggara (Sultra), Ridwan BAE, tak mau disalahkan sepenuhnya terkait dengan kekalahan beruntun para calon bupati yang diusung partainya. Menurutnya, kekalahan calon PG di Pemilihan Kepada Daerah (Pemilukada) Kabupaten Buton Utara (Butur), Konawe Selatan (Konsel), Muna, serta terakhir di Konawe Utara, sepanjang tahun 2010 ini, diakibatkan ego (perasaan ingin menang sendiri) dari para calon yang tidak memperhatikan tingkat elektabilitas (keterpilihan).

"Ini kan ego rekan-rekan yang maju sebagai calon. Tidak memperhatikan hasil survei LSI (Lembaga Survei Indonesia)," kata Ridwan BAE, saat dihubungi di Jakarta, Rabu (20/10). Menurut Ridwan, mekanisme pencalonan PG dalam pemilukada yang digelar di Sultra, seharusnya memperhatikan hasil survei LSI yang sudah diatur secara internal.

Untuk diketahui, di empat kabupaten yang menggelar pemilukada, tak satupun calon Golkar yang menang. Para calon hanya menempati urutan kedua dalam perolehan suara, antara lain di Butur, Konsel dan Muna. Sementara di Konawe Utara, jagoan Golkar malah tidak lolos ke putaran kedua.

Menyusul kekalahan beruntun itu, Golkar Sultra menurut Ridwan, akan melakukan konsolidasi internal dan menyiapkan strategi, agar tidak kalah lagi dalam pemilukada yang bakal digelar tahun 2011. Selain mempertimbangkan tingkat elektabilitas calon, kata Ridwan pula, bisa jadi Golkar juga akan berkoalisi dengan partai lain.

JAKARTA - Ketua DPD I Partai Golkar (PG) Sulawesi Tenggara (Sultra), Ridwan BAE, tak mau disalahkan sepenuhnya terkait dengan kekalahan beruntun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News