Utang Klub Inggris Tembus Rp 50 Triliun

Utang Klub Inggris Tembus Rp 50 Triliun
Utang Klub Inggris Tembus Rp 50 Triliun
LONDON - Di balik ingar-bingar dahsyatnya panggung kompetisi Liga Inggris, ternyata tersimpan "aib" yang mencengangkan. Klub-klub Inggris dilaporkan menumpuk utang. Totalnya mencapai 3 miliar pounds atau nyaris menembus Rp 50 triliun (asumsi 1 pounds = Rp 16.650).

Dari jumlah itu, empat tim besar Inggris, yaitu Manchester United, Chelsea, Arsenal, dan Liverpool, diyakini menanggung sepertiga utang tersebut. Dalam laporan badan keuangan independen Deloitte Group, musim lalu utang untuk empat klub papan atas itu mencapai 950 juta pounds atau sekitar Rp 15,8 triliun dengan kalkulasi perkembangan kenaikan gaji pemain sebesar 12 persen per tahun. Empat klub tersebut memang dikenal gila-gilaan dalam belanja dan menggaji pemain serta membangun fasilitas klub.

Utang klub-klub Inggris itu diyakini bakal membengkak. Klub-klub akan makin kesulitan karena terimbas krisis ekonomi global yang melanda dunia saat ini. Presiden Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) Lord David Triesman membenarkan anggapan bahwa sepak bola Inggris termasuk dalam daftar industri atas menggelembungnya kredit yang membuat perekonomian dunia kembang-kempis beberapa pekan belakangan ini.

Seperti dilansir The Guardian, Triesman menyebutkan, total tunggakan yang ditanggung klub-klub itu mencapai 3 miliar pounds. Angka tersebut sudah sangat mengkhawatirkan. Karena itulah, dia menganggap kondisi tersebut segera butuh penanganan konkret sehingga tidak lebih terpuruk.

LONDON - Di balik ingar-bingar dahsyatnya panggung kompetisi Liga Inggris, ternyata tersimpan "aib" yang mencengangkan. Klub-klub Inggris

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News