UU ASN Hasil Revisi, Tidak Ada Lagi Istilah si A Honorer, si B PNS, si C PPPK

UU ASN Hasil Revisi, Tidak Ada Lagi Istilah si A Honorer, si B PNS, si C PPPK
UU ASN hasil revisi UU Nomor 5 Tahun 2014 memberikan kesetaraan PPPK dan PNS. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Wakil Ketua Komisi II DPR Junimart Girsang menilai, UU ASN hasil revisi UU Nomor 5 Tahun 2014 mengakhiri kesenjangan tenaga honorer dan pegawai negeri sipil (PNS), maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Junimart Girsang mengatakan hal tersebut setelah Rancangan Undang-undang tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (RUU ASN) disahkan menjadi UU pada Rapat Paripurna DPR RI, Selasa (3/10).

"Yang pasti the end (akhir) untuk semua masalah kesenjangan, mulai dari kesenjangan kesejahteraan antara honorer dengan PNS, kesenjangan dasar hukum status PPPK karena semuanya telah dijadikan satu kesatuan yakni sebagai ASN dengan jaminan kesejahteraan yang sama," kata Junimart dalam keterangan yang diterima di Jakarta.

Politikus dari PDI Perjuangan itu menilai, UU ASN hasil revisi mengamanatkan penataan honorer, yakni para non-ASN akan diangkat menjadi PPPK.

UU ASN yang baru juga mengatur kesetaraan tingkat kesejahteraan PPPK dan PNS.

"Jadi tidak ada lagi istilah si A honorer, si B PNS, dan si C tenaga PPPK," ujar Junimart.

Pria kelahiran Medan 3 Juni 1963 itu menilai UU ASN juga menjadi babak akhir kesenjangan atas ketersediaan tenaga ASN bertalenta dan profesional di daerah pelosok Tanah Air.

"Termasuk masalah kesenjangan talenta di mana selama ini para ASN yang memiliki talenta atau kemampuan baik hanya ramai di pusat-pusat kota saja, sementara di daerah pelosok sangat minim, dengan UU ASN ini ke depan mobilitas talenta bisa dijalankan untuk menutup kesenjangan talenta yang ada," kata Junimart.

Wakil Ketua Komisi II DPR Junimart Girsang menilai UU ASN hasil revisi memberikan keseteraan PNS dan PPPK. Honorer akan diangkat jadi PPPK.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News