Vaksin AstraZeneca dan Pfizer Tiba Lagi di Indonesia

Vaksin AstraZeneca dan Pfizer Tiba Lagi di Indonesia
Vaksin COVID-19 bikinan Pfizer. Foto: Reuters

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah terus mengamankan pasokan vaksin bagi Indonesia dengan segala meskanisme yang tersedia. Pada Kamis (19/8) hari ini, vaksin AstraZeneca dan Pfizer tiba di Indonesia.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, pemerintah kembali mendatangkan 450 ribu dosis vaksin AstraZeneca.

Vaksin tersebut telah mendarat dengan aman di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

"Malam ini, kami menerima 450 ribu dosis vaksin AstraZeneca yang merupakan dose sharing dari pemerintah Belanda. Kedatangan vaksin AstraZeneca adalah pengiriman tahap pertama dari komitmen Pemerintah Belanda untuk memberikan dukungan 3 juta dosis vaksin bagi Indonesia melalui mekanisme kerja sama bilateral dose sharing mechanism,” ujar Retno dalam keterangannya secara virtual.

Sebelumnya, Retno telah melakukan pembicaraan mengenai dukungan vaksin dari Pemerintah Belanda di Denhaag, 1 Juli 2021. Retno berterima kasih kepada Pemerintah Belanda atas dukungan vaksin ini.

"Untuk itu, atas nama pemerintah Indonesia saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada pemerintah Belanda atas dukungan dose sharing vaksin yang diberikan serta kerja sama yang lebih erat ke depannya,” ucap Retno.

Retno menuturkan, pihaknyaterus bekerja keras untuk memastikan keamanan pasokan vaksin bagi Indonesia dari semua jalur dan menyuarakan kesetaraan vaksin bagi semua negara.

“Bekerja untuk memastikan keamanan pasokan vaksin bagi Indonesia dari semua jalur dengan segala mekanisme yang tersedia, dan diplomasi Indonesia juga akan terus bekerja antara lain untuk menyuarakan agar kesetaraan vaksin bagi semua negara dapat terwujud,” tuturnya.

Pemerintah kembali kedatangan vaksin AstraZeneca dan Pfizer. Pemerintah akan mencari pasokan vaksin dari luar negeri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News