Vaksin Covid-19 Mesti Aman, Halal dan Gratis untuk WNI Kurang Mampu

Vaksin Covid-19 Mesti Aman, Halal dan Gratis untuk WNI Kurang Mampu
Anggota Komisi IV DPR RI, Hj Nevi Zuairina. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi IV DPR RI, Hj Nevi Zuairina menyampaikan agar vaksin yang edar secara masif di masyarakat mesti aman, halal dan berkhasiat secara berkelanjutan.

“Saya berharap agar vaksin dapat digratiskan untuk WNI yang tidak mampu,” kata Nevi ketika Rapat Kerja Komisi VI dengan Menteri BUMN dan RDP dengan Dirut PT Bio Farma, Kamis (21/1/2021).

Secara bersamaan, vaksin yang diedarkan sekarang mesti dibarengi dengan adanya alih teknologi dari pemasok vaksin agar NKRI mampu memproduksi vaksin covid untuk kebutuhan dalam negeri. Setelah kebutuhan dalam negeri tercukupi, nantinya akan dapat membantu negara lain dengan mengekspor produksi vaksin berlabel Indonesia.

“Banyak sekali yang perlu kami pertanyakan kepada Biofarma terkait vaksin ini. Terutama persoalan keamanan dan kehalalan. Karena berlum ada yang memastikan secara penuh terhadap tingkat keamanan vaksin, sehingga sosialisasi masiv mesti dilakukan agar masyarakat tidak kahwatir,” kata Nevi.

Nevi menilai, kedatangan vaksin COVID-19 pada hari Minggu (6/12/20) menjadi sorotan masyarakat Indonesia. Untuk itu, Pemerintah mesti memastikan adanya kepastian tingkat keamanan sehingga masyarakat tidak khawatir untuk disuntik vaksin COVID-19.

“Saya berharap, ada tindakan yang progresif terhadap vaksin ini agar dapat berjalan lancar sehingga wabah covid-19 ini dapat segera dikendalikan,” kata Nevi.

“Negara harus tegas pada setiap oknum yang melakukan perburuan rente yang membonceng vaksin ini. Semua harus memiliki semangat yang sama yakni membebaskan Indonesia dari covid-19 dengan cara efektif dan efisien,” kata Nevi lagi.(fri/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

Vaksin yang diedarkan sekarang mesti dibarengi dengan adanya alih teknologi dari pemasok vaksin agar NKRI mampu memproduksi vaksin covid untuk kebutuhan dalam negeri.


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News