Vaping Jadi Masalah Besar di Australia, Mencari Solusinya Tidaklah Mudah

Vaping Jadi Masalah Besar di Australia, Mencari Solusinya Tidaklah Mudah
Bagaimana mengatasi masalah vaping di Australia sekarang juga jadi persoalan politik selain kesehatan. (AP: Craig Mitchelldyer)

Tergantung siapa yang memberikan penjelasan, 'vaping' bisa jadi sebuah solusi dari kebiasaan buruk merokok. Tapi bisa juga dianggap sebagai krisis kesehatan publik saat ini.

Apa pun jawabannya, saat ini 'vaping' sangat populer terutama di kalangan anak muda, yang bahkan belum pernah mencoba atau menyentuh rokok seumur hidupnya.

Apa kebijakan kesehatan yang harus diambil untuk kebiasaan 'vaping' di Australia masihlah menjadi pembahasan.

Pekan lalu, para menteri kesehatan dari seluruh negara bagian di Australia bertemu untuk membicarakannya, serta TGA, lembaga pengawasan obat-obatan dan terapi, baru saja menyelesaikan konsultasi apakah perlu menerapkan larangan lebih lanjut soal 'vaping' ini.

Kepala TGA, Profesor John Skerritt memperingatkan jika vaping sekarang "muncul sebagai salah satu masalah kesehatan utama di Australia."

Jadi apa yang seharusnya dilakukan saat ini?

Menurut aturan di Australia untuk 'vaping' yang mengandung nikotin sulit didapatkan tanpa adanya resep dokter dan hanya tersedia bagi orang dewasa yang ingin berhenti merokok.

Peralatan 'vaping' tersebut hanya dijual di apotek dan tidak tersedia di toko biasa yang menjual rokok.

Mereka yang membeli dengan resep bisa juga mengimpor peralatan tersebut dari luar negeri, sepanjang memenuhi kriteria TGA dan hanya bisa dibeli untuk persediaan selama tiga bulan.

Vaping bisa jadi sebuah solusi dari kebiasaan buruk merokok, tetapi bisa juga dianggap sebagai krisis kesehatan publik saat ini.

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News