Vendor Besar Tak Berminat Produksi Ponsel 5 Inci

Vendor Besar Tak Berminat Produksi Ponsel 5 Inci
Vendor Besar Tak Berminat Produksi Ponsel 5 Inci

jpnn.com - TAIPEI- Vendor ponsel besar seperti Apple, BlackBerry dan Nokia dilaporkan belum berencana memproduksi ponsel berukuran 5 inci yang kini didominasi produsen asal Korea dan Jepang. Pabrikan  asal Kanada dan Finlandia itu masih yakin konsumen masih setia pada model smartphone berdiameter layar di bawah 5 inci.

Keterbatasan aplikasi serta rencana awal perusahaan (roadmap) yang tak memasukan pengembangan smartphone jenis tersebut diperkirakan menjadi alasan utama.

Seperti dikutip dari Digitimes, Senin (29/7), Motorola menjadi produsen terkenal terakhir yang merilis smartphone 5 incinya ke pasar Amerika. Langkah Motorola menyusul Samsung Electronics, Sony Mobile Communications, LG Electronics dan HTC yang lebih dulu melepas ke pasaran smartphone ukuran jumbo.

Vendor China yang dikenal mengeluarkan produk berharga murah seperti Huawei,  Lenovo, ZTE dan Coolpad, telah ikut masuk dalam kompetisi smartphone 5 inci.

Nokia yang baru saja meluncurkan Lumia model 4,7 inci, dikabarkan tengah mengembangkan sebuah model tampilan yang mendukung sepenuhnya Windows Phone 8. Produk yang memiliki kemampuan GDR 3 (general distribution release 3), menurut sumber Digitimes, baru akan muncul ke pasaran paling cepat akhir 2013.

Sama halnya dengan BlackBerry baru bisa masuk ke pasar 5 inci berbekal BlackBerry A10, yang dikabarkan paling cepat muncul pada akhir 2013.  
Yang paling tak jelas adalah Apple. Disebutkan pabrikan asal Amerika itu tak memiliki roadmap meluncurkan ponsel 5 inci selama tahun 2013. Kemungkinan Apple masih menunggu reaksi pasar  terhadap peluncuran iPhone 5S serta versi murah yang dikabarkan bakal bernama iPhone 5C.(pra/jpnn)

 


TAIPEI- Vendor ponsel besar seperti Apple, BlackBerry dan Nokia dilaporkan belum berencana memproduksi ponsel berukuran 5 inci yang kini didominasi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News