Verifikasi Setengah Hati Klub ISL

Akan Digelar PT LI Pertengahan Juli

Verifikasi Setengah Hati Klub ISL
FAKTOR - Stadion Gelora Bung Karno (GBK), markas tim Persija, termasuk sebagai salah satu faktor pertimbangan dalam verifikasi ISL. Foto: Panoramio/Ndot.
JAKARTA - Verifikasi masih menjadi patokan utama bagi PT Liga Indonesia untuk menentukan layak tidaknya sebuah klub berlaga di Indonesia Super  League (ISL) musim 2010/ 2011 mendatang. Lima aspek bakal diterapkan PT LI. Yakni insfrastruktur, sporting, financial, badan hukum serta personel dan administrasi.

Namun, verifikasi yang dilakukan PT LI untuk klub-klub kontestan ISL musim mendatang terlihat lebih lunak dibanding gelaran serupa edisi 2009/ 2010. Buktinya, selain tetap bakal menghilangkan aspek finansial berupa deposit Rp 5 miliar, PT LI juga tak terlalu ambil pusing dengan kelayakan insfrastruktur yang dimiliki sebuah klub. Misalnya dari sisi kualitas lapangan.

"Mungkin sebuah klub memiliki kelemahan di sektor lapangan, tapi tentu mereka mempunyai keunggulan di aspek lainnya. Hal itulah yang perlu dipertimbangkan," terang Tigor Shalom Boboy, Corporate PT LI kemarin.

Padahal sebelumnya, aspek lapangan menjadi hal yang tidak bisa ditawar. PSIS Semarang dan PKT Bontang pernah merasakan durian runtuh setelah bisa masuk ke orbital ISL usai Persiter Ternate dan Persmin Minahasa dinyatakan tidak lolos verifikasi yang dilakukan PT LI.

JAKARTA - Verifikasi masih menjadi patokan utama bagi PT Liga Indonesia untuk menentukan layak tidaknya sebuah klub berlaga di Indonesia Super 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News