Versi Survei: Rizal Ramli Jadi Menteri Paling Fenomenal, Kok Bisa?

Versi Survei: Rizal Ramli Jadi Menteri Paling Fenomenal, Kok Bisa?
Menko Rizal Ramli. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Enam lembaga survei menempatkan Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli (RR) sebagai figur yang fenomenal dan disukai publik. Padahal RR, begitu Rizal Ramli disapa, baru beberapa bulan bergabung dengan Kabinet Kerja Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Menurut Anggota Komisi II DPR RI, Frans Agung Mula Putra, publik suka terhadap RR karena sang menteri ini berbicara apa adanya.

“Beliau berbicara berdasarkan fakta dan data yang sebenarnya. Dan publik menyukai gaya beliau,” kata Agung, di Gedung DPR, Senayan Jakarta, Senin (9/11).

Lebih jauh, politikus Partai Hanura itu, sikap blak-blakan itu yang membuat RR dalam berbagai survei selalu unggul.

Terpisah, mantan Wakil Ketua DPD RI, La Ode Ida menyatakan, RR sudah sejak awal dikenal kritis, pro rakyat dan pro penyelenggara pemerintah yang bersih dan bebas kepentingan subjektif untuk bisnis pribadi.

Gebrakannya saat usai dilantik menjadi menteri yang mengeritik proyek energi dan kereta cepat Jakarta-Bandung membuat publik kaget dan mata terbelalak.

“Dalam kasus ini, mereka menyaksikan figur RR dalam dua sisi sekaligus yakni pertama figur yang konsisten bersikap kritis dan kedua melawan arus dari dalam,” kata La Ode Ida.

Pada saat itulah, kata dia, banyak masyarakat yang menyukainya dan sekaligus kian menambah popularias RR. Penilaian masyarakat seperti itu juga sebenarnya sekaligus mengekspresikan keinginan rakyat bangsa ini untuk tampilkan sosok-sosok penyelenggara negara yang kritis dan berani secara terbuka berseberangan dari dalam tim, sekaligus berani mengambil risiko sebagai akibatnya.

JAKARTA – Enam lembaga survei menempatkan Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli (RR) sebagai figur yang fenomenal dan disukai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News