Video Orang Utan Lawan Buldoser Sudah Direkam pada 2013

Video Orang Utan Lawan Buldoser Sudah Direkam pada 2013
Orang utan. Foto: JPG

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya angkat bicara terkait video orang utan melawan buldoser yang menjadi viral di dunia maya.

Melalui akunnya @siti.nurbayabakar, sang menteri mengucapkan terima kasih pada netizen yang menaruh perhatian besar pada nasib satwa langka seperti orang utan.

"Saya ucapkan terima kasih atas perhatian masyarakat yang mempertanyakan perihal beredarnya video ini. Kepedulian masyarakat dengan nge-tag ke akun medsos, saya nilai sebagai bentuk kepedulian kita bersama terhadap lingkungan hidup lestari beserta habitat yang ada di dalamnya. Saya apresiasi sebagai bentuk kecintaan kita pada Indonesia," tulis Menteri Siti.

Menteri Siti memastikan video tersebut bukanlah video baru. Melainkan sudah beredar sejak 2013 lalu.

Di masa itu dan masa-masa sebelumnya, penggarapan izin di lahan gambut masih berjalan.

Namun, sejak Siti menjabat sebagai Menteri LHK, dan pascakebakaran hutan dan lahan yang begitu hebat pada 2015, melalui Instruksi Presiden telah dilakukan moratorium izin di seluruh kawasan gambut.

Pemulihan ekosistem gambut sangat mendesak dilakukan, salah satunya karena sangat rentan terbakar,

"Alhamdulillah, dengan berbagai regulasi, kerja keras semua pihak, dan penegakan hukum, Indonesia akhirnya pertama kali setelah hampir dua dekade, merasakan bebas bencana Karhutla secara Nasional. Indonesia juga selama 2,5 tahun terakhir, tidak lagi menjadi negara 'pengekspor' asap ke negara tetangga," imbuhnya.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terus berupaya memberi habitat yang layak untuk orang utan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News