Video Viral 2,5 Ton Minyak Goreng Tumpah ke Laut, Kombes Indra: Hoaks

Video Viral 2,5 Ton Minyak Goreng Tumpah ke Laut, Kombes Indra: Hoaks
Sebuah video viral yang memperlihatkan cairan diduga minyak goreng tumpah ke laut. Foto: Tangkapan Layar akun @chandrasurveyor91

jpnn.com,  BALIKPAPAN - Aparat kepolisian sudah mengusut video yang menyebut 2,5 ton minyak goreng tumpah ke laut dan viral di TikTok.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kalimantan Timur (Kaltim) Kombes Indra memastikan informasi yang ada di video berdurasi 28 detik itu hoaks.

Menurut Indra, dari hasil penelusuran kejadian tumpahnya cairan berwarna kuning keemasan yang diduga minyak goreng terjadi 18 Januari 2022.

Lokasinya berada di atas dek tongkang Kahuripan 207 di Jetty 2C PT. Kutai Refenery Nusantara yang saat itu berada di wilayah Kariangau, Balikpapan Barat, Kaltim.

“Informasi di TikTok itu hoaks. Adapun yang tumpah di atas dek adalah minyak CPKO (Crude Palm Kermel Oil) sebanyak 50 liter dan bukan sebanyak 2,5 ton,” kata Indra kepada wartawan, Senin (21/3).

Perwira menengah ini menuturkan fakta tersebut didapati setelah pihaknya melakukan klarifikasi kepada pemilik akun TikTok bernama Candra Sasmita.

"Maksud dan tujuan saudara Candra Sasmita (pemilik akun @candrasurveyor91) mengatakan di dalam video TikTok terdapat tumpah minyak goreng sebanyak 2,5 ton hanya iseng-iseng,” kata Indra.

Petugas juga mendapat informasi dari Jaya Budiansyah selaku penanggung jawab PT. Kutai Refenery Nusantara bahwa CPKO tumpah karena robek selang akibat gesekan dengan bagian pinggir dek kapal.

Polri menegaskan video di TikTok yang viral dan menyebut minyak goreng 2,5 ton tumpah di laut adalah hoaks.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News