Vietnam Gagalkan Penyelundupan 6 Ton Trenggiling Asal Indonesia

Vietnam Gagalkan Penyelundupan 6 Ton Trenggiling Asal Indonesia
Vietnam Gagalkan Penyelundupan 6 Ton Trenggiling Asal Indonesia

jpnn.com - HANOI - Aparat Bea Cukai Vietnam berhasil menggagalkan penyelundupan lebih dari 6 ton hewan trenggiling hidup ke dalam wilayahnya. Ratusan mamalia pemakan serangga dari itu disembunyikan dalam sebuah peti kemas yang berasal dari Indonesia.

Seorang pejabat Bea Cukai Vietnam yang tidak disebutkan namanya, Rabu (14/8) mengungkapkan,  usaha penyelundupan ini terungkap dalam sebuah operasi minggu lalu. Namun, tidak diketahui apakah ada pelaku yang ditahan dalam operasi ini.

Penyelundupan trenggiling telah lama menjadi masalah di wilayah Vietnam. Sejak awal tahun ini saja, Bea Cukai Vietnam telah menyita lebih dari 10 ton trenggiling baik dalam kondisi hidup maupun telah dibekukan.

Media lokal melaporkan, daging trenggiling dihargai sekitar Rp 3 juta - Rp 5 juta per kilogram di restoran-restoran Vietnam. Sisiknya juga dianggap berkhasiat untuk mengobati alergi dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan Vietnam.

Beberapa spesies trenggiling telah dinyatakan sebagai hewan langka dan dilindungi. Perdagangannya pun dinyatakan terlarang dibawah konvensi internasional tentang perdagangan species langka (CITES). (AFP/dil/jpnn)


HANOI - Aparat Bea Cukai Vietnam berhasil menggagalkan penyelundupan lebih dari 6 ton hewan trenggiling hidup ke dalam wilayahnya. Ratusan mamalia


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News