Virus Corona Masuk Banten, Empat Orang Dirawat

Virus Corona Masuk Banten, Empat Orang Dirawat
Gubernur Banten Wahidin Halim. Foto: ANTARA/Mulyana

jpnn.com, SERANG - Gubernur Banten Wahidin Halim menyatakan empat warga Banten positif terkena virus corona atau COVID-19.

Keempat warga yang terinfeksi virus corona tersebut sudah dirawat di RS Sulianti Saroso dan RS Persahabatan yang menjadi rujukan bagi para penderita positif virus corona.

"Mereka ini baru saja melakukan perjalanan dari Malaysia dan Bali," kata Wahidin Halim di Serang, Kamis (12/3).

Wahidin mengimbau masyarakat agar menghindari tempat-tempat pertemuan dan keramaian umum, dan diusahakan sedapat mungkin tidak melakukan perjalanan ke tujuan negara-negara yang terkena wabah COVID-19.

"Saya berharap agar masyarakat tidak panik dan tetap waspada, serta selalu menjaga kesehatan, mencuci tangan dengan sabun, konsumsi gizi seimbang, istirahat yang cukup dan selalu berolah raga," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Banten Aty Pamudji Hastuti mengatakan, tim kesehatan mendapatkan informasi dari Posko Utama Covid 19 yang langsung bertindak cepat untuk melakukan langkah-langkah SOP penanganan kasus positif Covid, yaitu melakukan koordinasi gabungan untuk "join outbreak" dan meminta dukungan ke Balai Besar Teknis Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLP) Jakarta untuk pengelolaan spesimen kontak.

Selanjutnya, kata dia, Tim Kesehatan Banten melakukan pembagian tim dan tugas di lokasi Penyelidikan Epidemiologi (PE) dengan Dinkes kota/kabupaten yang warganya terindikasi.

"Dalam pelaksanaan PE/Tracking, Tim Kesehatan ProvInsi Banten melakukan tindak lanjut khususnya kepada siapa saja warga yang terdapat kontak klinis, maupun komunikasi resiko yang berhubungan dengan para pasien virus corona tersebut, serta melakukan pemantauan lebih lanjut pada kontak yang tidak klinis," katanya. (antara/jpnn)

Empat warga Banten yang positif terkena virus corona baru melakukan perjalanan dari Malaysia dan Bali.


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News