Vokasi UI Diharapkan Terus Memberi Pendampingan untuk UMKM di Indonesia

Vokasi UI Diharapkan Terus Memberi Pendampingan untuk UMKM di Indonesia
Wakil Direktur Vokasi Universitas Indonesia (UI) Dani Danial Kesa. Foto: Tangkapan layar webinar Micronauts 2022

jpnn.com, JAKARTA - Peran kampus sangat diperlukan sebagai pendampingan dalam pengembangan inovasi produk dan peluang bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Indonesia.

Melalui webinar Micronauts 2022 yang diselenggarakan himpunan mahasiswa Vokasi Universitas Indonesia (UI) sebagai motivasi baru yang dapat mendukung berkembangnya UMKM di Indonesia.

Wakil Direktur Vokasi Universitas Indonesia (UI) Dani Danial Kesa mengatakan pengahargaan untuk UMKM ini menjadi sebuah ajang prestasi terhadap mereka yang telah membantu perekonomian Indonesia.

"Saya mengapresiasi para mahasiswa dan yang terlibat dalam penyelenggaraan, ini sebagai bukti capaian pembelajaran mata kuliah pengelolaan projek dapat terpenuhi dengan baik dan semoga dapat terus dikembangkan saat memasuki dunia profesional nanti," ujar Deni dalam diskusi daring bertema "strategi pengembangan inovasi UMKM sebagai respons dampak pandemi Covid-19, Kamis (16/6).

Menurut Deni, dalam proses bisnis UMKM memiliki peran signifikan dalam sistem perekonomian Indonesia meliputi kontribusi besar dalam produk domestik bruto (PDB).

Deni berharap Vokasi UI dapat memberikan pendampingan, pola berpikir, inovasi, dan teknik marketing.

"Mudah-mudahan dengan forum ini akan memberikan masukan yang luar biasa dan mampu mengangkat derjat terhadap dari pelaku pelaku UMKM di Indonesia," ungkapnya.

Deni berharap forum tersebut mampu mengangkat UMKM secara nyata sehingga acara perlu diselenggarakan secara rutin.

Peran kampus sangat diperlukan sebagai pendampingan dalam pengembangan inovasi produk dan peluang bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News