Wacana Airlangga Cawapres Jokowi Dibahas Serius

Wacana Airlangga Cawapres Jokowi Dibahas Serius
Ketum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto. Foto: Hendra Eka/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Korbid Pemenangan Pemilu Sumatera DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia menyatakan, isu memasangkan Airlangga Hartarto sebagai cawapres pendamping Jokowi menjadi pembicaraan serius di rakernas Golkar pada 22–23 Maret lalu.

“Bila sebelumnya diskusi tentang itu bersifat sambilan, saat rakernas dan ke depan dipastikan menjadi topik utama,’’ ucap Doli kepada wartawan kemarin. Apalagi, dalam pidato pembukaan rakernas, Airlangga mengatakan bahwa Jokowi cukup nyaman didampingi kader Golkar sebagai Wapres. Golkar pun siap memberikan kenyamanan kepada Jokowi untuk periode lima tahun ke depan.

Habiburokhman, ketua DPP Partai Gerindra, menyatakan, partainya menghormati langkah politik yang dilakukan Jokowi dan Airlangga Hartarto, yang bertemu di Istana Bogor, Sabtu (24/3).

Keduanya mempunyai hak untuk berpartisipasi dalam pemilu. ’’Kalau Airlangga jadi cawapres Jokowi, ya woles-woles saja,” ujarnya saat ditemui setelah diskusi di salah satu hotel di Jalan Cikini.

Saat ini Partai Gerindra juga sibuk menyiapkan deklarasi Prabowo Subianto sebagai capres. Semua daerah, bahkan semua ranting, mendukung hal itu.

Dukungan secara tertulis sudah disampaikan, sekarang tinggal acara deklarasi. Rencananya, lanjut dia, deklarasi dilakukan akhir bulan ini atau awal April. Pengumuman akan dilakukan satu paket dengan cawapresnya.

Siapa yang akan mendampingi Prabowo? Habiburokhman masih enggan menyebut nama. Yang jelas, ada beberapa partai yang bergabung bersama Partai Gerindra. Ada PKS, PAN, dan partai lainnya. ’’Nanti ditunggu pengumumannya,” ucapnya. (bay/lum/jun/c17/oni)

 


Partai Golkar akan membahas secara serius wacana Airlangga Hartarto menjadi cawapres pendamping Jokowi di Pilpres 2019 mendatang.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News