Waduh, Mencuci dengan Mesin Cuci Justru Berbahaya

Picu Bakteri Berkembang Biak

Waduh, Mencuci dengan Mesin Cuci Justru Berbahaya
Ilustrasi

SAAT ini, banyak orang yang lebih memilih mencuci pakaiannya menggunakan mesin cuci dengan alasan hemat waktu, lebih bersih, ditambah lagi bisa disambi melakukan pekerjaan lain. Tapi hati-hati, meski dinilai lebih efektif ada potensi berbahaya dibalik mencuci

Penelitian menunjukkan bahwa bakteri yang berpotensi menimbulkan bahaya di mesin cuci tidak akan mati jika pakaian dicuci pada suhu rendah. Bahkan, bakteri itu justru akan menimbulkan siklus perkembangbiakkan.

Penelitian yang dipimpin ahli kesehatan Dr Lisa Ackerley ini menemukan bahwa tingkat bakteri yang ditemukan ahli mikrobiologi di mesin cuci, seharusnya bisa dibersihkan saat baju sedang dicuci. Oleh karena itu, Ackerley mengimbau masyarakat untuk lebih sadar terhadap Sick Laundry Cycle.

"Konsumen percaya mencuci dengan mesin bisa menghasilkan pakaian yang bersih dan higienis padahal tak seperti itu. Kecenderungan mengurangi suhu cucian dan volume air disertai penggunaan deterjen yang lembut, bisa mempengaruhi efektivitas proses pencucian untuk mengurangi bakteri pada pakaian yang terkontaminasi," Kata Dr Ackerley, seperti dilansir laman Daily Mail, Kamis (3/10).

SAAT ini, banyak orang yang lebih memilih mencuci pakaiannya menggunakan mesin cuci dengan alasan hemat waktu, lebih bersih, ditambah lagi bisa disambi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News