Waduh...Seleksi Capim KPK di DPR Masih Gantung

Waduh...Seleksi Capim KPK di DPR Masih Gantung
Ilustrasi.

jpnn.com - JAKARTA - Seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Komisi III DPR masih menggantung. Pasalnya komisi bidang hukum belum memutuskan apakah 8 nama yang lolos seleksi tim bentukan pemerintah bisa ditindaklanjuti atau tidak ke tahapan fit and proper test.

Diketahui 8 calon pimpinan KPK itu adalah Saut Situmorang, Surya Tjandra, Alexander Marwata, Brigjen Basaria Panjaitan, Agus Rahardjo, Sujanarko, Johan Budi SP, serta Laode Muhammad Syarif. Mereka harus melalui uji makalah sebagai rangkaian fit and proper test, tapi prosesnya ini ternyata mundur.

"Uji makalah mundur. Rencananya 19 November. Karena rapat dengan pansel mengalami perkembangan materi rapat, sehingga rapat dengan pansel yang semula diperkirakan hanya satu hari sampai sekarang belum selesai," kata anggota komisi III DPR dari Fraksi PAN, Mulfachri Harahap, di gedung DPR Jakarta, Kamis (19/11).

Rapat Komisi III dengan Srikandi Pansel KPK pimpinan Destry Damayanti sudah berlangsung dua hari berturut-turut dan masih akan berlanjut nanti malam. Itu karena masih terdapat perbedaan pemahaman antara komisi III dengan Pansel. 

Beberapa persoalan yang mencuat adalah soal latar belakang pendidikan calon hingga keharusan atau tidaknya calon dari unsur kejaksaan. Sementara, dari empat pembidangan yang dibuat Pansel KPK, tidak memuat bidang penuntutan yang menjadi bidang keahlian jaksa.

"Dari apa yang dijelaskan pansel, beberapa teman di Komisi III menganggap ada persoalan yang tidak clear. Soal persepsi, soal adakah keharusan meloloskan calon yang background-nya berasal dari kejaksan dan kepolisian. Pansel menjelaskan tidak ada keharusan," ujar Ketua Fraksi PAN itu.(fat/jpnn)


JAKARTA - Seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Komisi III DPR masih menggantung. Pasalnya komisi bidang hukum belum memutuskan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News