JPNN.com

Wagub Jatim Dorong BUMD Jadi Pemasok Benih Bawang Putih Nasional

Sabtu, 17 Agustus 2019 – 14:55 WIB Wagub Jatim Dorong BUMD Jadi Pemasok Benih Bawang Putih Nasional - JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Sejak Program Swasembada Bawang Putih Nasional Tahun 2021 dicanangkan oleh Kementerian Pertanian dua tahun silam, berbagai pihak mulai menunjukkan komitmennya untuk bersama pemerintah mewujudkan program tersebut mulai dari tingkat pusat sampai daerah. Tak terkecuali juga pelaku-pelaku usaha daerah di Jawa Timur.

Sebagai salah satu perusahaan plat merah milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Puspa Agro yang didirikan semenjak era Gubernur Soekarwo telah menunjukkan komitmennya dalam mendorong kemajuan agrobisnis dan agroindustri di sana.

Untuk urusan pangan, BUMD Jawa Timur ini mendapatkan penugasan dalam memenuhi dan menjaga kebutuhan bahan pangan termasuk didalamnya urusan bawang putih.

BACA JUGA: Siasati Musim Kemarau, Ditjen Hortikultura Pacu Pengembangan Varietas Cabai Unggul

Sejak tahun 2018 lalu, BUMD Jatim ini telah bermitra dengan petani bawang putih di sejumlah wilayah terutama di Pacet Mojokerto Jawa Timur.

Pada ahun 2019  BUMD itu telah bermitra dengan sejumlah penangkar benih bawang putih di Jawa Timur.

Selain melakukan okupasi produksi benih bawang putih, benih-benih produksi penangkar tersebut selanjutnya diberi perlakuan vernalisasi yaitu didinginkan di ruang berpendingin (cold storage) pada suhu 10 derajat celsius selama 1 bulan. Cold storage ini berada di kawasan Jemundo di Sidoarjo. Tujuan vernalisasi adalah memperpendek masa dormansi bawang putih.

Direktur salah satu BUMD di Jatim Abdullah Muchifudin menyampaikan bahwa hingga saat ini benih bawang putih yang sudah dikuasainya mencapai 180 ton dengan kondisi berbagai umur simpan.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ragil