Wah Gimana Nih, Kesadaran Periksa Kesehatan Warga Magelang Rendah

Wah Gimana Nih, Kesadaran Periksa Kesehatan Warga Magelang Rendah
Ilustrasi. foto: AFP

jpnn.com - MAGELANG – Warga Magelang terlihat abai dengan kondisi kesehatannya. Setidaknya, hal itu terlihat dari rendahnya kesadaran warga Magelang memeriksakan kondisi badannya.

Padahal, pemeriksaan dini akan memudahkan penanganan jika memang ada masalah kesehatan. “Mencegah itu lebih baik dari pada mengobati,” kata Kepala Cabang Prodia Magelang, Dony Munarko, Kamis (29/10) kemarin.

Menurut Dony, ada beberapa faktor yang menyebabkan kurangnya kesadaran masyarakat memeriksakan kesehatan. Di antaranya ialah pengetahuan maupun meremehkan gejala penyakit.

“Banyak yang menyepelekan kelelahan kronis. Setiap hari rasanya lemas dan capek, tapi tidak diperhatikan dan dipedulikan, tahu-tahu kena diabetes atau kolesterolnya tinggi,” ujar Dony.

Dia menambahkan, kasus diabetes saat ini tidak hanya menyerang usia dewasa. Pasalnya, penyakit itu juga menyerang usia muda produktif. Penyebabnya adalah pola hidup dan pola makan yang kurang sehat.

“Dulu diabetes menyerang usia 50 tahunan. Sekarang banyak ditemui 30 tahun sudah kena penyakit ini. Mereka baru tahu setelah melakukan check up saat mau masuk sebuah perusahaan,” tegas Dony. (put)


MAGELANG – Warga Magelang terlihat abai dengan kondisi kesehatannya. Setidaknya, hal itu terlihat dari rendahnya kesadaran warga Magelang memeriksakan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News