Wakil Ketua MPR: Perjuangkan Ratu Kalinyamat sebagai Pahlawan Nasional

Wakil Ketua MPR: Perjuangkan Ratu Kalinyamat sebagai Pahlawan Nasional
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat pada acara Silaturahmi Kebinekaan Seluruh Masyarakat Kabupaten Jepara untuk Mengusulkan Ratu Kalinyamat sebagai Pahlawan Nasional di Pendopo Kantor Bupati Jepara pada Sabtu (5/2). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JEPARA - Tiap masyarakat harus membangun kebinekaan untuk meluruskan sejarah dari para pahlawan agar mampu mewarisi nilai-nilai luhur guna mengisi kemerdekaan.

"Dalam memperjuangkan Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional, kita harus melepaskan sekat-sekat kelompok. Ini harus menjadi perjuangan kita bersama," kata Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat.

 

Hal itu dikatakan pada acara Silaturahmi Kebinekaan Seluruh Masyarakat Kabupaten Jepara untuk Mengusulkan Ratu Kalinyamat sebagai Pahlawan Nasional di Pendopo Kantor Bupati Jepara pada Sabtu (5/2).

Bupati Jepara Dian Kristiandi, Habib Lutfi bin Yahya (anggota Dewan Pertimbangan Presiden RI), Forkompimda Kabupaten Jepara, Tim Ahli Yayasan Dharma Bakti Lestari, para ulama, agamawan lintas agama, akademisi, dan budayawan turut hadir.

Menurut Lestari, memperjuangkan Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional sekaligus bertujuan meluruskan sejarah dari ratu Jepara di abad ke-15.

Berdasarkan bukti primer yang ditemukan Tim Kajian Ratu Kalinyamat, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, Ratu Kalinyamat mampu membentuk aliansi dengan sejumlah kerajaan di Nusantara untuk melawan Portugis dengan membangun poros maritim. Satu upaya yang melampaui zamannya.

Nilai-nilai perjuangan yang ditunjukkan Ratu Kalinyamat di abad ke-15 itu, tegas anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, harus mampu diwariskan kepada anak bangsa di masa kini untuk menjawab tantangan di masa datang.

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menyatakan, memperjuangkan Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional sekaligus bertujuan meluruskan sejarah dari ratu Jepara di abad ke-15

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News