Wakil Ketua MPR: Satu Suara Warga Sangat Penting Bagi Penentuan Arah Kebijakan Negara

Wakil Ketua MPR: Satu Suara Warga Sangat Penting Bagi Penentuan Arah Kebijakan Negara
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengingatkan pentingnya tingkat partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2024. Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengingatkan partisipasi dalam pemilihan umum (Pemilu) merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara serta kesempatan bagi masyarakat untuk menentukan arah dan kebijakan negara.

"Satu suara warga sangat penting bagi penentuan arah dan kebijakan negara. Masyarakat berhak menentukan pemimpin yang akan memimpin negara dan mengambil keputusan penting bagi mereka melalui pemilu," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (13/2).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 sebanyak 204,8 juta pemilih.

Penetapan DPT dilakukan melalui Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Tingkat Nasional Pemilu 2024 di Gedung KPU, Minggu (2/7).

Menurut Lestari, partisipasi masyarakat merupakan salah satu indikator penting dalam pemilu.

"Semakin tinggi tingkat partisipasi masyarakat, legitimasi pemilu semakin baik," tegas Rerie yang akrab disapa.

Selain itu, kata legislator dari Dapil II Jawa Tengah itu, partisipasi masyarakat dapat meningkatkan legitimasi kebijakan pembangunan pada pemerintahan yang baru.

Karena itu, Rerie berharap jangan sampai masyarakat tidak menggunakan haknya untuk memilih para wakilnya di parlemen dan pemimpin nasional.

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengingatkan pentingnya tingkat partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2024

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News