Wako Binjai Saksi Kasus Langkat

Wako Binjai Saksi Kasus Langkat
Wako Binjai Saksi Kasus Langkat
JAKARTA -- Meski tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah dua kali memintai keterangan Gubernur Sumut Syamsul Arifin dalam kapasitasnya sebagai tersangka, namun pemeriksaan terhadap para saksi tak kunjung usai. Jumat (29/10), ada tiga saksi yang dimintai keterangan dalam kasus dugaan korupsi APBD Langkat Tahun 2000-2007. Salah satunya adalah Walikota Binjai, M Idaham.

Juru Bicara KPK Johan Budi SP tidak memerinci kaitan Idaham dengan perkara Langkat itu. Pasalnya, hal itu sudah menyangkut materi pemeriksaan yang hanya diketahui olh tim penyidik. Johan hanya memastikan bahwa Idaham memenuhi panggilan KPK. "Saksi atas nama Idaham hadir, ada di daftar hadir," kata Johan Budi kepada JPNN, Jumat (29/10). Dua orang lagi yang dimintai keterangan sebagai saksi adalah Bachzul, seorang PNS Pemkab Langkat, dan Ni Ketut Sariniasih.

Syamsul sendiri kemarin tidak diperiksa oleh tim penyidik. Mantan bupati Langkat itu menjalani pemerikssaan pada 26 Oktober dan 28 Oktober 2010. Dalam dua kali pemeriksaan itu, menurut Syamsul, masih berkutat pada persoalan mekanisme pengelolaan keuangan di Pemkab Langkat.

Pada pemeriksaan 28 Oktober yang berlangsung sekitar 4,5 jam, Syamsul menerima 30 pertanyaan dan belum menyentuh soal aliran ilegal dana APBD Langkat. Syamsul yang menjadi tersangka kasus dugaan korupsi APBD Langkat dengan nilai kerugian negara mencapai Rp99 miliar itu, sejak Jumat (22/10) ditahan di rutan Salemba, Jakarta. (sam/jpnn)


JAKARTA -- Meski tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah dua kali memintai keterangan Gubernur Sumut Syamsul Arifin dalam kapasitasnya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News