Wako Solo Kunjungi Makam Mbah Priok

Dorong Pemprov DKI Poles Lokasi Wisata Religi

Wako Solo Kunjungi Makam Mbah Priok
Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo saat mengunjungi Cagar Budaya Makam Mbah Priok di Koja, Jakarta Utara, Minggu (19/3). Foto: istimewa for JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA UTARA - Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo terlihat di kompleks makam Mbah Priok, Koja, Jakarta Utara, Minggu (19/3). Kedatangannya untuk mengunjungi kompleks makam yang menjadi cagar budaya itu.

Rudi -panggilan akrab Rudyatmo- mengaku sengaja datang untuk berziarah sekaligus melihat kondisi Makam Mbah Priok yang sangat penting untuk dilestarikan. Kebetulan, politikus PDI Perjuangan itu juga getol melestarikan cagar-cagar budaya di daerah yang dipimpinnya.

Menurut Rudi, langkah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menetapkan makam Mbah Priok sebagai cagar budaya tentu patut diapresiasi. Sebab, sosok Mbah Priok yang bernama asli Habib Hasan bin Muhammad Al Haddad punya peran penting bagi perjalanan sejarah bangsa, khususnya di Jakarta.

“Mbah Priok memiliki makna sejarah mendalam bagi masyarakat, sehingga harus dilestarikan sebagai wisata religi. Ini yang saya lihat mulai dikembangkan oleh Pemprov DKI Jakarta  saat ini," ujar Rudi saat diwawancarai di lokasi makam Mbah Priok.

Lebih lanjut Rudi mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI hendaknya tidak sekadar menetapkan kompleks makam Mbah Priok sebagai cagar budaya. Sebab, Pemprov DKI mestinya merenovasi dan menyediakan berbagai fasilitas penunjang lainnya sehingga pengunjung dan peziarah bisa nyaman.

"Mbah Priok sebagai tokoh panutan masyarakat. Tentunya pemerintah berkewajiban melestarikan, menjaga dan membangun supaya tujuan berziarah dalam wisata religi benar-benar dinikmati masyarakat," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama alias Ahok pada awal Maret lalu mengunjungi makam Mbah Priok. Kedatangannya untuk menyerahkan Surat Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta tentang Cagar Budaya Makam Mbah Priok.(ysa/rmol)


Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo terlihat di kompleks makam Mbah Priok, Koja, Jakarta Utara, Minggu (19/3). Kedatangannya untuk mengunjungi kompleks


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News