Waktu Mepet, Jokowi Minta Jangan Ada Proyek Baru Dulu

Waktu Mepet, Jokowi Minta Jangan Ada Proyek Baru Dulu
Presiden Joko Widodo. Foto: Biro Pers

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap ada 55 proyek strategis nasional (PSN) baru dan satu program yang diusulkan kementerian dan lembaga saat rapat evalusasi PSN di kantor kepresidenan, Jakarta, Rabu (3/5).

Namun, mantan gubernur DKI Jakarta belum memastikan semua usulan PSN baru tersebut akan diterima.

Bahkan, dia terkesan menolak secara halus mengingat waktu efektif periode pemerintahannya sudah mepet.

"Saya minta PSN yang baru diusulkan bukan semata-mata daftar panjang keinginan kementerian lembaga, tapi betul-betul diseleksi dengan tepat. Dan menurut saya kalkulasinya karena ini tinggal waktu yang sangat pendek, saya kira (proyek) yang baru tidak usah dimunculkan lagi," tutur Jokowi.

Dia mengingatkan jajarannya agar PSN yang sudah berjalan memberikan dampak dalam memacu pertumbuhan ekonomi dan mengentaskna kemiskinan, serta ketimpangan antar wilayah.

Kalaupun ada proyek baru, Jokowi menginginkan harus dihitung betul dampaknya bagi penyerapan tenaga kerja maupun nilai tambah yang diciptakan bagi perekonomian daerah.

Di sisi lain, PSN harus mampu menopang sektor-sektor unggulan yang sedang dikembangkan oleh daerah.

Terakhir, Jokowi mendorong agar kementerian dan lembaga terus mendorong keterlibatan swasta dan badan usaha untuk membiayai proyek-proyek infrastruktur.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap ada 55 proyek strategis nasional (PSN) baru dan satu program yang diusulkan kementerian dan lembaga saat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News