Waktu Terbaik Minum Kopi

Waktu Terbaik Minum Kopi
Waktu Terbaik Minum Kopi

jpnn.com - MINUM kopi sesaat menjelang tidur sudah pasti akan sangat mengganggu pola tidur. Sedangkan minum kopi di sore hari juga bisa melenyapkan rasa kantuk alami. Lalu jam berapa batas minum kopi yang dianjurkan?

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa konsumsi kafein bisa mengganggu pola tidur, bahkan hingga 6 jam sebelumnya. Itu berarti, sore hari juga tidak dianjurkan untuk minum kopi.

Dalam penelitian tersebut, takaran yang dipakai adalah 400 mg kafein atau sekitar 2 hingga 3 cangkir kopi. Kalaupun bisa tidur, konsumsi kopi sebanyak itu dalam kurun 6 jam sebelumnya bisa mengurangi kualitas tidur. Kuantitasnya pun berkurang karena akan sering terjaga atau bangun lebih awal.

Penelitian ini dipublikasikan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine, yang dipublikasikan oleh American Academy of Sleep Medicine.

"Orang cenderung tidak menyadari gangguan tidur akibat efek kafein bila meminumnya pada sore hari," kata peneliti dari Sleep Research Society, Dr. Christopher Drake, seperti dilansir laman Health24.

Penelitian Dr. Drake melibatkan 12 orang dewasa sehat, dilihat dari hasil pemeriksaan maupun wawancara.

Seluruh partisipan diminta untuk menjalankan pola tidur normalnya. Masing-masing diberi 3 pil sehari, untuk diminum pukul 6 pagi, 3 sore, dan sesaat sebelum tidur. Salah satu dari 3 pil itu berisi kafein, sedangkan sisanya hanya plasebo aias obat kosong.

Pada salah satu hari yang tidak diberitahukan pada partisipan, ketiga pil yang diminum seluruhnya adalah plasebo. Kemudian Dr Drake dan timnya mengamati pola tidurnya menggunakan sleep monitor.

MINUM kopi sesaat menjelang tidur sudah pasti akan sangat mengganggu pola tidur. Sedangkan minum kopi di sore hari juga bisa melenyapkan rasa kantuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News