Wali Kota Medan Apresiasi Polbangtan dan PEPI

Wali Kota Medan Apresiasi Polbangtan dan PEPI
Wali Kota Medan Bobby Nasution hadir dalam seminar Peran Pendidikan Vokasi Membangun Jiwa Entrepreneurship Millenial, Jumat (3/5). Foto: Humas Kementan

jpnn.com, MEDAN - Kementerian Pertanian (Kementan) terus berusaha mengoptimalkan peran Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) dan Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) guna mencetak lulusan petani muda dengan sumber daya berkualitas, andal serta berkemampuan wirausaha yang mumpuni.

Wali Kota Medan Bobby Nasution menyampaikan dukungannya kepada Polbangtan dan PEPI.

"Kami berharap ke depan Politeknik Pembangunan Pertanian yang berada di seluruh Indonesia dapat lebih berkembang dan tetap di bawah naungan Kementan," tutur alumni Institut Pertanian Bogor dalam seminar Peran Pendidikan Vokasi Membangun Jiwa Entrepreneurship Millenial, Jumat (3/5).

Menurut wali kota yang juga millenial ini, karakteristik dan kualitas individu harus dilengkapi dengan kompetensi.

Inilah mengapa sekolah vokasi Polbangtan menjadi salah satu stakeholder penting dalam tongkat estafet pertanian Indonesia.

"Hal itu bisa dilihat dari program pembelajaran salah satu Polbangtan yang ada di tanah air, yakni Polbangtan Medan. Selain membekali mahasiswanya dengan beragam kompetensi, Polbangtan Medan juga turut menghadirkan sertifikasi, termasuk untuk penyuluh pertanian, pertanian organik, asisten kebun, hidroponik, barista, digital marketing hingga desain grafis," paparnya.

Di sisi lain, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa pihaknya telah meluncurkan banyak program untuk mendukung program Kementan ini, di antaranya hadir dalam bentuk pelatihan ke luar negeri seperti Taiwan, Jepang, dan Korea.

"BPPSDMP berupaya memaksimalkan peran pendidikan vokasi. Maka dari itu, Polbangtan dan PEPI hadir sebagai pelaksana pendidikan dalam melahirkan generasi milenial yang tidak hentinya berinovasi sebagai modal saat terjun langsung ke masyarakat," ujar Dedi.

Wali Kota Medan Bobby Nasution menyampaikan dukungannya kepada Polbangtan dan PEPI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News