Wamendag Jerry Ajak Anggota ASEAN Optimistis Hadapi Kondisi Global

Wamendag Jerry Ajak Anggota ASEAN Optimistis Hadapi Kondisi Global
Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga (ketiga dari kanan) saat hadir dalam Asean Economic Ministers (AEM) Working Dinner di Da Nang, Vietnam, Senin (9/3). Foto dok humas

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga hadir dalam Asean Economic Ministers (AEM) Working Dinner di Da Nang, Vietnam, Senin (9/3).

Jerry menuturkan kondisi perdagangan global yang sedang tidak stabil, membuat negara-negara ASEAN perlu menumbuhkan optimisme dan memastikan seluruh prioritas ASEAN 2020 bisa terlaksana.

“Sangat penting bagi ASEAN untuk fokus dan memastikan seluruh prioritas dapat diimplementasikan. Apalagi di tengah ketidakpastian ekonomi global serta merebaknya wabah virus yang bisa berdampak pada sektor perdagangan ini, kita harus tetap optimis,” kata Jerry.

Secara prinsip, seluruh negara ASEAN mendukung seluruh prioritas ekonomi di bawah Keketuaan Vietnam pada 2020 ini.

Adapun tema prioritas ASEAN tahun ini adalah Cohesive and Responsive, yang terdiri dari 13 prioritas.

Prioritas tersebut terbagi dalam tiga bagian yakni mempromosikan integrasi dan konektivitas ekonomi intra-ASEAN, memperkuat keterlibatan ASEAN dengan komunitas global dalam upaya perdamaian dan pembangunan berkelanjutan, dan meningkatkan daya respon serta kapasitas institusi ASEAN.

“Para Menteri Ekonomi ASEAN mendukung penuh sejumlah prioritas ASEAN Economic Community Blueprint 2025. Semua anggota, termasuk Indonesia, juga mendukung seluruh prioritas tahunan badan sektoral di bawah koordinasi AEM untuk dapat diselesaikan tepat waktu,” kata Jerry.

Menurutnya, Indonesia juga mendorong upaya untuk memperkuat kerja sama perdagangan intra-ASEAN melalui berbagai persetujuan kerja sama dagang.

Indonesia juga mendorong upaya untuk memperkuat kerja sama perdagangan intra-ASEAN melalui berbagai persetujuan kerja sama dagang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News