Wanita dan Anak Rentan Terkena HIV

Wanita dan Anak Rentan Terkena HIV
Wanita dan Anak Rentan Terkena HIV

DENPASAR - Peringatan bagi ibu rumah tangga yang tengah mengandung dan telah memiliki anak, harus selalu waspada. Pasalnya penyakit HIV kini mayoritas menjangkiti ibu rumah tangga dan anak. Hal tersebut diketahui dari data yang dilansir oleh Klinik VCT Merpati Rumah Sakit Wangaya Denpasar. Data tersebut memang berbeda dengan data yang dilansir oleh Klinik VCT RS Sanglah yang menempatkan faktor heteroseksual sebagai penyebab HIV tertinggi.

Data Klinik VCT Merpati Rumah Sakit Wangaya menunjukkan, jumlah pasien HIV yang digolongkan kedalam kelompok lain-lain (ibu dan anak, Red) memang sangat mendominasi. Tercatat jumlah pasien yang positif terjangkit HIV mencapai 474 orang pasien atau 56,9 persen dari total pasien yang menjalani tes di klinik tersebut.

Jumlah itu lebih banyak dari faktor homoseksual (5 orang pasien), injection drugs user atau pecandu narkoba dengan injeksi (30 orang pasien), dan pengguna jasa pekerja seks komersial (PSK) yang jumlahnya mencapai 324 orang pasien.

Wakil Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan RS Wangaya dr. Setiawati Hartawan, M.Kes mengatakan, pemeriksaan di Klinik VCT Merpati mayoritas memang tidak dilakukan secara sukarela. Namun dilakukan setelah petugas medis menemukan adanya gejala yang mengarah kepada HIV. Hal tersebut berbeda dengan para PSK yang relatif sering datang ke klinik VCT untuk memeriksakan dirinya sendiri.

DENPASAR - Peringatan bagi ibu rumah tangga yang tengah mengandung dan telah memiliki anak, harus selalu waspada. Pasalnya penyakit HIV kini mayoritas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News