Wapres Ma'ruf Amin: Ini Musimnya Bocor

Wapres Ma'ruf Amin: Ini Musimnya Bocor
Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan keterangan kepada wartawan usai menghadiri acara Mukernas III MUI di kawasan Ancol, Jakarta, Jumat (1/12/2023). ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin angkat bicara merespons dugaan kebocoran data KPU yang konon dijual di forum BreachForums.

Wapres Ma'ruf Amin mengatakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus betul-betul menjaga kerahasiaan data pemilu.

"Kita sayangkan, ya, bahwa itu sampai bocor. Itu sudah kita sayangkan. Karena itu kita harapkan KPU harus betul-betul menjaga kerahasiaan itu," ucapnya Ancol, Jakarta, Jumat (1/12).

Kiai Ma'ruf menyebut saat ini sering terjadi kebocoran data, sehingga hal itu harus menjadi perhatian semua pihak.

"Memang sekarang ini 'musimnya bocor'. Nah, ini supaya ke depan itu lebih dijaga," ujar Wapres.

Sebelumnya, Rabu (29/11), KPU RI menggandeng tim dari Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri hingga Badan Intelijen Negara (BIN) mendalami laporan terkait dugaan kebocoran data Pemilu 2024 di situs kpu.go.id.

"Kami masih memastikan apakah informasi itu benar atau tidak," ucap Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Hasyim menyebut KPU bekerja sama dengan tim yang selama ini sudah ada.

Wapres Ma'ruf Amin menanggapi dugaan kebocoran data KPU terkait Pemilu 2024. Dia menyebut sekarang ini memang sering terjadi kebocoran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News