Selasa, 26 September 2017 – 00:01 WIB

Wapres Resmikan Menara Jam Tertinggi di Jambi

Sabtu, 28 Maret 2015 – 13:58 WIB
Wapres Resmikan Menara Jam Tertinggi di Jambi - JPNN.COM

Wakil Presiden, Jusuf Kalla. Foto: Dokumen JPNN.com

JAMBI - Wakil Presiden Jusuf Kalla meresmikan menara tertinggi di Kota Jambi yaitu Menara Jam Gentala Arasy dan jembatannya di seberang Kota Jambi pada, Sabtu (28/3). Dua tempat yang diresmikan itu adalah kawasan wisata religi tempat agama Islam pertamakali diperkenalkan di Jambi.

Tinggi menara itu mencapai 80 meter sehingga dapat melihat keseluruhan Kota Jambi di atasnya. Sementara itu jembatannya sepanjang 503 meter dengan lebar 4,5 meter. membelah Sungai Batang Hari.

"Semoga menara dan jembatan ini memberi manfaat bagi masyarakat.  Membangun infrastruktur untuk masyarakat seperti ini juga penting," ujar wapres dalam sambutannya.

Bukan sekadar menara, di dalam Gentala Arasy juga terdapat museum yang menunjukkan sejarah Islam Kota Jambi. Bagi yang ingin tahu lebih dalam sejarah tersebut, dapat memasuki teater mini untuk menyaksikan video penjelasan seputar Islam dan Kota Jambi.

Pengunjung yang ingin melihat Kota Jambi dari ketinggian dapat menaiki lift menuju puncak Menara Gentala Arasy tersebut. Di halaman Menara Gentala Arasy juga dibuat relief dua dimensi perjalanan penyebaran Islam.

Pembangunan menara itu sendiri adalah usul dari Gubernur Jambi Hasan Basri Agus untuk Kota Jambi Seberang. Nama Gentala Arasy memiliki arti Genah Tanah Lahir Abdurrahman Sayoeti, mantan Gubernur Jambi yang memang lahir di seberang.

Gubernur Jambi, Hasan Basri yang mendampingi wapres di peresmian itu mengaku sangat bersyukur menara itu diresmikan oleh JK. Menurutnya menara dan jembatan itu akan memberikan dampak bagi masyarakat ekonomi kreatif, selain wisata dan kuliner.

"Menara ini dapat menjadi bangunan arsitektur identitas bagi masa kini dan masa lalu," kata dia. (flo/jpnn)

SHARES
TAGS   Jusuf Kalla
loading...
loading...
Masukkan komentarmu disini