Warga Afghanistan Saat Ini Paling Terancam

Warga Afghanistan Saat Ini Paling Terancam
TERANCAM - Warga Afghanistan yang hidupnya sehari-hari saja sudah sangat susah, seperti wanita dan pria yang jadi peminta-minta di Kabul ini, nyawanya pun masih harus terancam oleh aksi kekerasan yang sudah ibarat menu rutin di negeri itu belakangan. Foto: AFP.
LONDON - Lembaga Amnesty International, Kamis (27/8) waktu setempat, menyampaikan bahwa warga sipil di Afghanistan saat ini berada dalam kondisi paling terancam, terhitung sejak momen digulingkannya kekuasaan Taliban pada tahun 2001 lalu. Organisasi HAM dunia yang berbasis di London itu antara lain mengemukakan pengeboman dua hari lalu di Kandahar yang menewaskan 43 orang, sebagai pendukung analisanya tersebut.

Bukan itu saja, aksi terakhir pengambilalihan sebuah klinik di Sar Hawza, Provinsi Paktika, daerah perbatasan dengan Pakistan yang juga dikenal paling rawan dengan kekacauan yang melibatkan Taliban, makin memperkuat perkiraan mereka. Pihak Amnesty International juga memandang bahwa intensitas ketegangan memuncak belakangan terutama menjelang dan pasca pemilihan presiden Afghanistan bulan ini - yang prosesnya masih belum selesai.

"Dengan hasil pemungutan suara yang masih tak begitu jelas, bahaya dan ketidakamanan yang mengancam jutaan warga Afghanistan terus berlanjut, bahkan menjadi beresiko lebih tinggi daripada sebelunya," ungkap Sam Zarifi, Direktur Amnesty International untuk Asia-Pasifik, seperti dikutip AFP.

"Kelompok-kelompok anti-pemerintah, termasuk kaum Taliban, telah menunjukkan upaya sistematis dalam mengancam keamanan warga sipil, dengan sengaja menargetkan orang-orang yang ingin menentukan masa depannya lewat surat suara dan bukannya peluru," tambah Zarifi.

LONDON - Lembaga Amnesty International, Kamis (27/8) waktu setempat, menyampaikan bahwa warga sipil di Afghanistan saat ini berada dalam kondisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News