Muslim Malaysia Dilarang Nonton Black Eyed Peas

Muslim Malaysia Dilarang Nonton Black Eyed Peas
Foto : REUTERS
KUALA LUMPUR - Warga Muslim di Malaysia dilarang menghadiri konser grup musik hip hop Black Eyed Peas. Larangan itu muncul menyusul adanya putusan pengadilan syariah Malaysia yang menjatukan hukuman cambuk terhadap Kartika Sari Dewi Shukarno, seorang model yang tertangkap basah minum bir di sebuah hotel.

Warga muslim di Malaysia memang dilarang mengkonsumsi minuman beralkohol. Terlebih lagi, partai oposisi Malaysia tengah gencar menentang penjualan bir. Sedangkan konser Black Eyed Peas di negeri jiran itu disponsori oleh produk minuman Guinness, milik grup Diageo.

REUTERS melaporkan, konser Black Eyed Peas digelar sebagai bagian dari perayaan ulang tahun Guinness ke 250. "Apakah anda bukan Muslim dan berumur lebih dari 18 tahun?" tulis website panitia konser. Jika jawabnya 'tidak' maka jelas dilarang memasuki area konser.

Jumlah Muslim di Malaysia diperkirakan 55 persen dari total pupulasi yang mencapai 27 juta. Sebagai negeri yang menerapkan syariat Islam, Malaysia melarang penduduknya yang beragama Islam mengkonsumsi alkohol. Namun demikian aturan itu sering dilanggar, terutama di kota-kota besar seperti Kuala Lumpur.

KUALA LUMPUR - Warga Muslim di Malaysia dilarang menghadiri konser grup musik hip hop Black Eyed Peas. Larangan itu muncul menyusul adanya putusan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News