Warga Aljazair Sulap Kertas Jadi Dolar, Ditangkap

Warga Aljazair Sulap Kertas Jadi Dolar, Ditangkap
Warga Aljazair Sulap Kertas Jadi Dolar, Ditangkap

jpnn.com - MEDAN -  Menipu dengan modus menggandakan mata uang Dolar Amerika, Bouheni Fatih Aljamanehbeni (32), pesulap asal negara Aljazair diamankan petugas Polresta Medan, Kamis (26/6) siang.

Setelah 4 hari mendekam di penjara, Minggu (29/6) sekira pukul 16.00 WIB, kasus yang telah memakan banyak korban itu akhirnya digelar di kantor polisi.

Info yang dihimpun kru Posmetro Medan (Grup JPNN), untuk mayakinkan para korban, pelaku menggunakan kecepatan tangan untuk mengubah lembaran kertas yang telah ia gunting jadi seukuran uang dolar hanya dengan mencelupkannya ke dalam cairan kimia.

Usai meyakinkan korban dengan sulapnya, pelaku lalu minta 1.000 dolar. Ia berdalih, uang itu sebaga biaya untuk mengajari korban sekaligus membeli cairan kimia yang diakuinya berfungsi mengubah kertas putih tersebut jadi dolar.

Karena tergiur dan ingin cepat kaya, korban lantas memberikan uang yang diminta pelaku. Sebagai gantinya, pelaku memberi lembaran kertas putih plus cairan yang belakangan diketahui ternyata alkohol tersebut.
 
Agar aksinya tak terungkap, pelaku biasanya menyuruh para korban memperaktekkan penggandaan uang tersebut di rumah masing-masing. Dalam kesempatan itu, pelaku juga sempat memperaktekkan aksinya di Polresta Medan dengan mengubah kertas jadi pecahan 100 dolar. Semula pelaku mengambil kertas kosong.

Usai menggulung kertas tersebut menyerupai rokok, pelaku lalu mencelupkan ke dalam alkohol yang sebelumnya telah ia tuang dalam baskom. Dalam hitungan detik, kertas tersebut berubah jadi dua lembar pecahan 100 dolar.
 
Usut punya usut, ternyata penggandaan itu hanya trik sulap. Faktanya pelaku sudah menyelipkan dolar yang lain di balik tangannya yang lain. Hal itu yang dilakukan pelaku untuk mengelabuhi para korban.

"Itu semua cuma trik saja. Sebenarnya aku nggak bisa gandakan uang. Aku minta uang 1.000 dolar sama korban, terus aku bilang akan mengajari mereka caranya. Setelah aku praktekkan, ternyata korban percaya. Karena tertarik, korban memberiku uang 1000 dolar. Lalu aku pergi," kenang pelaku yang sudah mahir bahasa Indonesia itu.

Pelaku sendiri ditangkap polisi di wisma Famili Jl. Gatsu depan PRSU. Penangkapan itu atas laporan salah satu korban berinisial AT. Ketika itu AT yang sadar telah tertipu menghubungi temanya yang bertugas di Jahtanras Polresta Medan dan pelaku pun ditangkap.

MEDAN -  Menipu dengan modus menggandakan mata uang Dolar Amerika, Bouheni Fatih Aljamanehbeni (32), pesulap asal negara Aljazair diamankan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News