Warga Bekasi Demo Perusahaan Otomotif, Ini Tuntutannya

Warga Bekasi Demo Perusahaan Otomotif, Ini Tuntutannya
Aksi unjuk rasa ratusan massa di depan PT Toyota yang berlokasi di Desa Ganda Mekar, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah)

jpnn.com, KABUPATEN BEKASI - Warga Desa Ganda Mekar, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi dan organisasi masyarakat Gerakan Militansi Pejuang Indonesia mendatangi perusahaan otomotif untuk menyalurkan aspirasi warga setempat.

"Kami hanya meminta perusahaan memperhatikan kondisi lingkungan sekitar tempat mereka menjalankan aktivitas produksi sehari-hari," kata salah seorang warga setempat Jasan Sanjaya, Jumat.

Dirinya bersama ratusan pengunjuk rasa lain menilai keberadaan perusahaan dimaksud sejauh ini hanya memberikan dampak negatif bagi lingkungan seperti kerusakan jalan hingga pencemaran lingkungan.

Menurut dia, perusahaan terkesan acuh tak acuh melihat kondisi lingkungan yang ada, bahkan masyarakat yang tinggal di sekitar perusahaan tidak merasakan kontribusi perusahaan terhadap mereka.

"Kami menjadi warga terdampak aktivitas industri karena perusahaan sama sekali tidak berkontribusi baik kepada lingkungan maupun kepada kami warga sini," ucapnya.

Sementara pengunjuk rasa dari Ormas GMPI Ardi Widianto Pangestu mendesak PT Toyota yang beroperasi di Kawasan Industri MM2100 itu untuk segera merealisasikan tuntutan masyarakat sekitar demi kepentingan bersama.

"Kalau jalan diperbaiki, polusi juga diminimalisir kan mereka juga merasakan dampak positif. Tuntutan warga sederhana kok, tidak muluk-muluk apalagi berlebihan," katanya.

Dirinya juga mendesak aparatur pemerintah desa setempat untuk turut membela kepentingan masyarakat umum dan mengesampingkan kepentingan golongan terlebih apabila hanya mengakomodasi oknum aparatur.

Perusahaan otomotif di Bekasi didemo warga karena dinilai hanya memberikan dampak negatif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News