Warga Ibu Kota Diimbau Tidak Mudik Menggunakan Sepeda Motor

Warga Ibu Kota Diimbau Tidak Mudik Menggunakan Sepeda Motor
Pemudik menggunakan sepeda motor. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Warga ibu kota diimbau agar tidak mudik menggunakan sepeda motor, melainkan memanfaatkan fasilitas angkut motor dan mudik gratis dari pemerintah.

"Kami imbau kembali, buat yang akan mudik dan melakukan perjalana jauh, untuk tidak menggunakan motor. Pemprov DKI Jakarta menyiapkan bus juga untuk angkut motornya," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo di Jakarta Selatan, Jumat.

Syafrin mengajak masyarakat yang ingin mudik menggunakan sepeda motor agar beralih menggunakan bus atau truk demi terjaminnya keamanan.

"Namun, memang saat ini kapasitas masih terbatas kami harapkan ke depan bisa bertambah sehingga kecelakaan lalu lintas disebabkan pengendara roda dua yang mudik bisa kita minimalisir, bahkan bisa kita hilangkan," ujar Syafrin.

Adapun Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan dan Penguatan Wilayah Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat, Djoko Setijowarno mengatakan bahwa mudik gratis perlu menjadi program nasional untuk mengajak masyarakat berpindah dari kendaraan pribadi ke moda angkutan umum saat mudik.

"Program mudik gratis ini ke depannya bertujuan untuk memfasilitasi pemotor agar pindah menggunakan angkutan umum dan memfasilitasi golongan tidak mampu supaya bisa ikut mudik, tidak hanya sebagai penonton saja," Djoko menambahkan.

Pria yang juga pengamat transportasi dari Unika Soegijapranata itu menyebut tujuan mudik gratis tidak hanya memfasilitasi pemudik menggunakan sepeda motor saja, tetapi juga memfasilitasi golongan menengah ke bawah. (antara/jpnn)


Warga ibu kota diimbau agar tidak mudik menggunakan sepeda motor, melainkan memanfaatkan fasilitas angkut motor dan mudik gratis dari pemerintah.


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News