JPNN.com

Warga Jabar Diminta Waspadai Spekulan

Minggu, 22 Agustus 2010 – 09:25 WIB
Warga Jabar Diminta Waspadai Spekulan - JPNN.com
Warga Jabar Diminta Waspadai Spekulan
BANDUNG - Masyarakat perlu mewaspadai spekulan harga sembako, terutama daging dan sayuran, menjelang lebaran nanti. Pasalnya, mereka (para spekulan) kerapkali telah menjadi pihak yang menaikkan harga di atas rata-rata.

Wakil Gubernur Jawa Barat (Wagub Jabar) Dede Yusuf mengatakan, jika ada spekulan yang memainkan harga, maka pemerintah akan mengadakan operasi pasar (OP) dan pasar murah. "Kita himbau masyarakat untuk berbelanja di pasar murah, untuk menghindari lonjakan harga akibat ulah para spekulan," ujar Dede, Sabtu (21/8) kemarin.

Meski persediaan sembako menurut Dede aman sampai akhir tahun, namun ia mengakui bisa saja harga melambung karena kelangkaan barang. "Meski persediaan beras dan gula cukup banyak, tapi tidak menutup kemungkinan ada spekulan, hingga harga melambung karena barang tak ada," jelasnya.

Dede mengakui, hujan yang terus mengguyur wilayah Jabar belakangan ini, juga telah berpengaruh terhadap kualitas buah-buahan dan sayuran. Terutama mangga gincu, yang karena banyak hujan jadi mengurangi rasa manisnya. Demikian juga dengan tebu. "Tidak hanya mangga yang tidak suka air, tapi sayuran dan cabe jika hujan terus-terusan, juga mudah busuk," terang Dede.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...