Warga Pegunungan Papua Jangan Sampai Termakan Isu Hoaks di Wamena

Warga Pegunungan Papua Jangan Sampai Termakan Isu Hoaks di Wamena
Pengungsi korban kerusuhan di Wamena berada di Kodim 1902/Jayawijaya. Foto: ANTARA/Marius Frisson Yewun

jpnn.com, LANNY JAYA - Sejumlah warga yang berdomisili di wilayah pegunungan tengah Papua diminta jangan termakan isu-isu yang tidak bertanggung jawab menyusul demo ricuh beberapa waktu belakangan itu.

Terutama terkait demo yang berujung kerusuhan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Senin (23/9)

"Warga di wilayah pegunungan ini kita hanya dilemahkan dengan isu-isu yang tidak bertanggung jawab," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lanny Jaya, Provinsi Papua, Christian Sohilait melalui telepon selulernya dari Jayapura.

Menurutnya, saat ini beredar isu hoaks soal adanya warga Papua yang menyisir pendatang di Wamena. Isu hoaks ini yang membuat khawatir warga setempat.

"Saya selaku Sekda Lanny Jaya memberikan imbauan kepada seluruh warga di Lanny Jaya tapi juga dinseluruh wilayah pegunungan Papua agar supaya jangan cepat termakan isu," ujarnya.

Christian mengatakan, kalaupun ada isu-isu yang didengar bisa bertanya kepada pihak-pihak yang bisa memberikan klarifikasi.

"Kita punya imbauan di Lanny Jaya sudah sampaikan lewat Asisten I Sekda Lanny Jaya dan juga lewat gereja-gereja bahwa situasi ini sudah mulai normal kembali," ujarnya.

Pada Kamis (26/9) Asisten I Sekda Lanny Jaya, Leteren Yigibalom bersama beberapa kepala-kepala bidang mengelilingi Kota Tiom. 

Saat ini beredar isu hoaks soal adanya warga Papua yang menyisir pendatang di Wamena.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News