Warga Tiongkok Mulai Mudik Imlek

Warga Tiongkok Mulai Mudik Imlek
Warga Tiongkok Mulai Mudik Imlek
SHANGHAI - Nuansa Imlek alias Tahun Baru Tiongkok sudah sangat terasa di Kota Shanghai. Meski baru akan diperingati pada 3 Februari mendatang, warga di ibu kota dan kota-kota besar Tiongkok lainnya sudah mulai mudik. Sejak awal pekan ini, bus dan kereta sudah dipadati para pemudik yang hendak merayakan tahun baru di kampung.

   

Kementerian Perhubungan Tiongkok menyatakan bahwa jumlah pemudik tahun ini akan meningkat sekitar 11,6 persen dibanding tahun lalu. Pada 2010 lalu, jumlah pemudik yang menempuh perjalanan darat, laut dan udara mencapai 2,6 miliar jiwa. Salju lebat yang belakangan mengguyur kawasan selatan dan timur Tiongkok pun tidak menyurutkan niat warga untuk menempuh perjalanan jauh.

"Saya terpaksa antri selama tiga hari untuk mendapatkan tiket ini. Pukul 04.00 dini hari, saya sudah harus berada di stasiun," kata Zhang Guoxing, tukang bangunan 29 tahun asal Provinsi Hunan, dalam wawancara dengan Agence France-Presse Rabu lalu (19/1). Berbekal tiket kereta api itu, dia bakal menempuh perjalanan selama 18 jam untuk merayakan Imlek bersama keluarga besarnya.

Terkait Imlek, pemerintah Tiongkok biasanya memberlakukan libur nasional selama sepekan. Kendati demikian, masyarakat Negeri Panda itu bisa menikmati gaung Imlek yang diawali dengan Spring Festival selama sekitar satu bulan. Kementerian Perhubungan memperkirakan, aktivitas warga dengan bus, kereta api, kapal laut dan pesawat baru akan berakhir pada 27 Februari nanti.

   

SHANGHAI - Nuansa Imlek alias Tahun Baru Tiongkok sudah sangat terasa di Kota Shanghai. Meski baru akan diperingati pada 3 Februari mendatang, warga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News