Warning dari Pakar Buat Jokowi Soal Calon Anggota BPK Bermasalah

Warning dari Pakar Buat Jokowi Soal Calon Anggota BPK Bermasalah
Margarito Kamis. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pakar Hukum Tata Negara Margarito Kamis mengingatkan Presiden Jokowi bakal menerima bola panas dari DPR terkait Pemilihan calon anggota BPK.

Margarito menyampaikan hal itu menanggapi langkah Komisi XI DPR RI yang mengelar Fit and Proper Test terhadap Calon Anggota BPK RI hari ini. Publik mencatat dua dari 16 calon anggota BPK RI tidak memenuhi syarat formil.

“Istana (Presiden) harus sigap menanggapi bola panas dari DPR, pelanggaran syarat formil di DPR akan dilimpahkan ke Presiden,” kata Margarito di Jakarta, Rabu (8/9).

Menurut dia, Presiden Jokowi akan membuat Keppres pengangkatan Anggota BPK terpilih. Seluruh kesalahan di hulu dalam proses pemilihan akan ditanggung oleh Presiden di hilir.

“Presiden yang akan menjadi objek gugatan di PTUN,” tegas Margarito.

Margarito mengatakan DPR RI sebelumnya sudah meminta Fatwa dari MA dan MA menjawab harus mengikuti ketentuan dalam Pasal 13 huruf J UU Nomor 15 tahun 2006 tentang BPK RI.

Namun, setelah menerima fatwa, DPR tetap melanjutkan dua calon bermasalah ke tahap fit and proper test.

Menurut Margarito, presiden harus dijaga dari proses politik yang tidak benar di lembaga politik.

Pakar Hukum Tata Negara Margarito Kamis mengingatkan Presiden Jokowi bakal menerima bola panas dari DPR terkait Pemilihan calon anggota BPK bermasalah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News