Warning Habib Sholeh untuk Bahar bin Smith Pengancam Jokowi

Warning Habib Sholeh untuk Bahar bin Smith Pengancam Jokowi
Habib Bahar bin Smith. Foto: Miftahulhayat/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Bendahara Umum Majelis Permusyawaratan Pengasuh Pondok Pesantren (MP3) Habib Sholeh Almuhdar menilai proses peradilan terhadap Bahar bin Smith murni demi penegakan hukum. Menurutnya, tidak tepat bila penceramah yang kondang dengan sebutan Habib Bahar itu merasa dikriminalisasi oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Habib Sholeh menyampaikan hal itu untuk merespons ancaman Bahar kepada Presiden Jokowi. Sebelumnya Bahar meminta wartawan menyampaikan pesannya yang bernada ancaman kepada Presiden Ketujuh RI itu.

Namun, Habib Sholeh menyebut ancaman Bahar kepada Presiden Jokowi tak relevan dan berpotensi menjadi fitnah. “Karena kasus hukum yang dia jalani murni akibat pidana yang diperbuatnya, yakni menganiaya anak-anak hingga terluka parah," kata Sholeh melalui layanan pesan, Jumat (15/3).

Sholeh melanjutkan, ancaman Bahar kepada Presiden Jokowi juga tak mencerminkan akhlak yang diajarkan Rasulullah SAW. Sebab, Rasulullah sangat santun dalam bertutur kata baik kepada pengikutnya maupun kepada musuh-musuhnya.

"Islam adalah agama yang menjunjung tinggi kesantunan," kata dia. Baca juga: Istana Tanggapi Ancaman Habib Bahar ke Jokowi

Karena itu Sholeh menilai ancaman Bahar mengandung kebencian dan tuduhan yang berpotensi memecah belah. Bahar, kata dia, lebih baik diam karena jika makin banyak bicara akan mencoreng wajah Islam yang ramah dan santun.

"Bahar bin Smith sebaiknya memanfaatkan waktu untuk introspeksi, memperbaiki diri, memohon ampun kepada Allah SWT," tandas Sholeh.(tan/jpnn)


Habib Sholeh Almuhdar menilai proses peradilan terhadap Bahar bin Smith murni demi penegakan hukum dan tak ada kaitannya dengan Presiden Jokowi.


Redaktur : Antoni
Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News